Apasi Domain Authority dan Page Authority ( DA dan PA ) ?

Konten [Tampil]
masbejo - Seorang Blogger pasti sering di tanya DA dan PA, awal mula ngeblog bingung. Apasi Domain Authority dan Page Authority ( DA dan PA ) ? dan beberapa job untuk blogger rata - rata mereka yang memberikan job terlebih dulu tanya berapa DA dan PA ? dua pertanyaan itu akan mas bejo bahas sob, apasi yang dimaksud DA dan PA ? bagaimana cara melihat DA dan PA kita berapa ?

Domain Authority
Domain Authority

Domain Authority 

Apa si Domain Authority ? ya kita bahas sob apa itu DA atau Domain Authority...

Domain Authority yaitu skor peringkat dari mesin pencari yang dikembangkan oleh MOZ yang dapat memprediksi seberapa baikah peringkat situ website atau blog pada mesin pencari ( SERP ).

Skor yang digunakan dari 1 sampai 100 sob semakin tinggi berarti semakin bagus tingkat Domain Authority ( DA ) nya.

Untuk menghitung skor Domain Authority di tentukan dengan cara mengevaluasi berbagai faktor...

Evaluasi tersebut termasuk juga didalamnya yaitu menautkan domain root atau domain akar, atau top level hirarki sebuah domain. selain menautkan domain root evaluasi yang lain yaitu jumlah total tautan situs tersebut..

Jadi kesimpulnya, ada tiga hal yang dapat mempengaruhi skor Domain Authority kita yaitu ( Umur Domain, Popularitas Domain dan ukuran domain )


Dari skor DA tersebut kita jadi bisa membandingkan seberapa kekuatan situs web kita dibandingkan pesaing, selain itu juga bisa kita gunakan untuk melacak kekuatan peringkat web kita dari waktu  kewaktu, jadi kita tau seberapa kekuatan web kita.

Tapi sekali lagi Domain Authority ( DA ) bukan sebuah metrik yang digunakan oleh google dalam menentukan peringkat pencarian dan tidak memiliki efek pada ( SERp ).

Seperti apa si Domain Authority ( DA ) yang bagus ?

Domain Authority
Domain Authority

Secara umum DA yang bagus dimiliki oleh situs dengan jumlah tautan eksternal yang berkualitas tinggi, situs - situs tersebut menduduki DA yang tinggi dan mendekati 100. Situs - situs terkenal seperti wikipedia, facebook dan lainya memiliki DA puncak.

Sedangkan situs - situ baru seperti masbejo belum kedetek sob, hehehe..

misal iya..paling baru memiliki skor DA 1 atau 2...

Tapi inget sob, jangan jadikan DA sebagai tujuan utama sobat, tapi gunakanlah DA untuk prediktor blog atau situs sobat, serta jadikan DA sebagai skor pembanding dengan situs pesaing sobat..

Lho ko pesaing sob ?

ya diluaran sana banyak yang mempunyai niche blog sama dengan kita, dan kita bersaing di pageone iya ga..

jika mereka semakin kuat...maka kita semakin nyungsep..

lha cek terus DA kita biar kita bisa optimalkan blog atau web kita, agar tetap nangkring di posisi atas pencarian..

dan buat masbejo tidak ada web atau blog dengan DA baik maupun buruk karena semuanya akan terus berkembang setiap waktu jika terus dirawat.

Dimana Tempat cek Skor Domain Authority ?

ya setelah tau uraian diatas silahkan cek DA web atau blog sobat..

Ada beberapa website yang dapat kita gunakan tuk cek DA kita kunjungi web beikut sob untuk cek DA kita...


http://moz.com/researchtools/ose
http://moonsy.com/domain_authority
http://smallseotools.com/domain-authority-checker

Kalau mas bejo lebih mudah pakai moz untuk cek Da sob, kalau sobat terserah aja deh...

Oya sob ini ada teknik bagaimana caranya agar web atau blog sobat memiliki DA yang tinggi.

Teknik meningkatkan skor Domain Authority website atau Blog

# pertama ( gunakan teknik SEO yang benar )

Optimalkan SEO blog dan web sobat , jika teknik SEO sudah dijalankan dengan benar maka akan berdampak baik di skor DA sobat.


Didalam webnya MOZ menjelaskan bahwa untuk meningkatkan Domain Authority blog milik sobat perlu untuk meningkatkan SEO sobat secara keseluruhan sob…
Maksudnya sobat perlu mengatur Navigasi web yang mudah dijelajahi pengunjung, optimalkan kata kunci ( keyword ) pada konten sobat, meta tag, tag header, struktur URL, breadcumbs Gunakan Template Blog yang SEO friendly bisa sobat dapatkan disini dan lainya tentang blog yang sobat miliki.

#kedua ( distribusikan konten ke media sosial )


Gunakan social media yang sobat miliki seperti facebook, twitter, YouTube, Instagram, G+, Telegram, bahkan Watshap untuk membagikan konten ( artikel ) yang sobat buat di blog atau web sobat. Tempat – tempat tersebut gratis untuk membagikan konten sobat, taruh link sobat disana. 

Oya jika shobat share artikel, jangan sampai salah kamar yasob…harus ke group – group yang sesuai dengan pembahasan yang ada di web kita. Dari sana kita bisa memperoleh trafik selain dari mesin pencari yang dimiliki oleh google.

Google juga melksanakan tugasnya disini sob, google akan selalu meng up date algoritmanya untuk berbagai situs – situs yang terkait dengan berbagai media social sob. 

Jika situs tersebut popular lewat medsoso medsos yang kita atau orang lain manfaatkan untuk menaikan trafik maka akan secar otomatis dan bertahap peringkat situs akan naik pula. Maka disini bisa kita gunakan untuk menaikan DA kita secara bertahap.

#ketiga ( kembangkan link internal )

Penting sobat ketahui tidak hanya link eksternal saja yang harus kita kembangkan, tapi mengatur link iternal juga sangat penting, kita buat seperti jaring yang saling terkait antara konten - konten kita dalam satu web atau blog.

Dengan cara ini Otomatis berangsur DA kita akan naik sob

#keempat ( sabar dan berdoa )

Ya ..usaha sudah kita lakukan, tinggal tunggu hasilnya saja, biarkan google yang menilai dan tuhan yang menakdirkan.

Page Authority ( PA )

page authority
page authority

Page Authoriti adalah skor popularitas halaman pada blog atau situs yang kita miliki yang bisa ditemukan dalam mesin pencari. Page Authority bisa menggambarkan seberapa besar kemungkinan halaman pada web atau blog kita bisa muncul pada search engine atau mesin pencari.

Skor PA mempunyai rentang antara ( 1 - 100 ) bisa sobat cek skor PA sobat pada MOZ.

Page Authority ( PA ) akan sangat bergantung pada konsistensi dirikita dalam mengembangkan web atau blog kita, semakin popular halaman blog kita terutama konten – konten yang berkualitas kita buat terus menerus maka PA pada blog kita akan semakin naik pula.

Dari penjelasan DA dan PA yang sudah mas bejo uraikan kita bisa tau perbedaan antara DA dan PA

Jadi Perbedaan DA dan PA adalah kalau DA adalah skor yang dilihat dari optimalnya domain yang kita miliki sedangkan PA lebih kepada popularitas halaman kita.

Kita bisa gunakan pengecekan PA untuk pembanding dengan blog atau web pesaing kita, jadi kita bisa menganalisis dan mengoptimalkan web kita.

Cara Meningkatkan Page Authority ( PA ) Blog / Website

Banyak yang mencari dan menanyakan bagaimanasi cara menaikan Page Authority Blog Kita ?

Ada beberapa yang bisa meningkatkan skor PA kita antaralain buatlah konten – konten yang berkualitas artikel yang berkualitas adalah artikel yang benar – benar berguna, banyak dicari, isinya mudah dicerna atau dipelajari dan bahasa yang digunakan tidak mirip dengan bahasa robot artinya lebih ke bahasa manusia, sebab banyak yang menggunakan bahasa kaku dan porak –poranda dalam membuat konten maka hal itu bisa menurunkan kualitas konten kita, selain diatas buatpula artikel atau konten yang segar ( fresh ) lain daripada yang lain. 

Update berkala artikel untuk menaikan PA kita, dan buat pula artikel pilar agar posisi blog sobat semakin kuat.
Konten adalah raja, membuat konten atau artikel pilar itu penting. 

Oya ngomong – ngomong artikel pilar itu apa sob ?

Menurut yang masbejo baca dari beberapa sumber artikel pilar memiliki beberapa ciri – ciri, adapun ciri – ciri artikel pilar yaitu artikel tersebut merupakan artikel original buka hasil Copas serta unik, banyak trafik yang didapat dari serach engine sebab saking banyaknya yang backlink, oya blog lain banyak yang melakukan back link, konten atau artikel dibuat terstruktur maka peru diatur ( H1, H2 dst ), terus ini sob penting juga buat konten atau artikel yang bermanfaat atau memberikan nilai bagi pembaca disini sobat sudah membuat seseorang pengin balik lagi mengunjungi blog sobat.

Ok sob mungkin samapi disini duluya pembahasan kita tentang Domain Authority ( DA ) dan Page Authority atau ( PA ), semoga bermanfaat.



2 Komentar untuk "Apasi Domain Authority dan Page Authority ( DA dan PA ) ?"

  1. Prosesnya lama ya gan, untuk menaikkan angka DA dan PA blog. Adakah cara instannya? 😁

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel