Mengapa Traffik Blog Saya Turun Dan Bagaimana Cara Menaikan Traffik Blog Kembali ?

Konten [Tampil]
masbejo.net - Mengapa Traffik Blog Saya Turun Dan Bagaimana Cara Menaikan traffik blog kembali?  Pertanyaan itu kadang saya alami sendiri dikala blog secara traffik sepi, dan data di grafik anjlog. Anjognya trrafik blog ini kadang bikin pusing kepala, padahal sudah update konten rutin, sebelum posting riset Keyword terlebih dahulu. Tapi turunya traffik yang kadang saya alami kalau berlanjut terus menerus akan berdampak juga pada penurunya pendapatan blog dari adsense. Untuk itu masbejo berusaha pelajari penyebanya dari berbagai sumber akan penurunan trafik website atau blog dan cara pemecahan masalahnya untuk menaikan kembali agar blog bisa stabil kembali dalam urusan traffic.

Mengapa Traffik Blog Saya Turun Dan Bagaimana Cara Menaikan ?
sumber : freepik.com - Ilustrasi menurunya traffik blog


Masalah menurunya sebuah traffik pada blog banyak yang mengalami..

sebab banyak faktor yang bisa mempengaruhi naik turunya trafik blog..

Masbejopun pernah mengalami penurunan traffik blog di beberapa blog masbejo yang lain...

Karena pentingnya sebuah kunjungan suatu blog, maka masbejo berusaha mencari informasi dari berbagai sumber penyebab - penyebab turunya sebuah traffik..

Ada beberapa blog yang menginfokan semua penyebab turunya sebuah traffik, dari berbagai sumber tersebut masbejo ambil kesimpulan seperti ini sob.

Mengapa Traffik Blog Saya Turun ? ( Kesimpulan )


beberapa penyebab ketidak stabilan traffik sebuah blog ternyata disebabkan oleh masalah berikut :

1. Persaingan Yang Semakin Ketat

Dari tahun ketahun jumlah blogger semakin meningkat, tidak dipungkiri dengan banyaknya informasi tentang kesuksesan seorang blogger bisa meraup " Ratusan Juta " dalam satu bulan, banyaknya iklan layanan jasa SEO, dan berkembangnya tekhnologi yang semakin cepat dan mudah  menyebabkan perkembangan blog di Indonesia kian tinggi.

Internet yang semakin mudah menyebabkan orang akan mudah menjadi seorang blogger, dalam laman webnya kominfo mengatakan bahwa pengguna internet di Indonesisa kini mencapai 63 Juta orang..

Apakah ada korelasi dengan munculnya para blogger baru ?

jelas sangat berhubungan, mudahnya akses internet menyebabkan mudahnya informasi, dan memudahkan pula orang mempelajari hal - hal baru salah satunya blog.

Data terahir yang masbejo dapatkan tahun 2017 ada sekitar 3,8 % dari pengguna internet aktif di Indonesia adalah seorang blogger, kurang lebih berarti ada 3 Juta Blogger. Misal satu blogger memiliki lebih dari 2 blog saja maka jumlahnya akan lebih banyak..

Jumlah tersebut setiap tahun semakin bertambah tentunya...

dengan semakin bertambahnya jumlah blogger maka persaingan akan semakin sengit..

memperebutkan page one dari sebuah kata kunci menjadi lebih sulit, sebab tambahnya jumlah persaingan, pemain lama bahkan ada yang bisa " Tersusul " karena bertambahnya persaingan ini. Alhasil traffik mereka akan turun..

maka bisa kita simpulkan bahwa penyebab turunya traffik blog bisa dari faktor yang bertambah...

2. Algoritma Google melakukan Update

Faktor ini wajar dan akan dialami semua blogger, saat google melakukan update algoritmanya yang baru, maka akan berdampak pada penurunan traffik blog.

Sebab aktifitas tersebut akan mempengaruhi  posisi SERP dan ranking blog pada mesin pencari google. 

3. Ganti Template Blog

Yang masbejo pernah alami yaitu awal mula mengganti template lama menjadi template baru..

Traffik blog langsung turun, akan tetapi untuk hal ini tidak berlangsung lama, berangsur naik kembali dan normal seperti sedia kala.

Tapi ada beberapa kasus yang lama ngangkat kembali, sebab kesalahan dalam menentukan template, hanya karena melihat tampilan template saja kepincut dengan template baru padahal dari setingan template lama sudah bagus dan SEO Friendly.

4. Sibuk, Jarang Update Blog

Karena aktifitas diluar yang padat biasanya seorang blogger menjadi tidak ada waktu untuk update konten - konten didalam blognya..

Alhasil traffik dalam blog turun.

5. Kurang Promosi

Banyak blogger yang rajin dalam melakukan promosi kontenya ke akun - akun medsos yang dimilikinya, dan blog mereka ramai dibanjiri pengunjung, 

teknik promosi ini sangat efektif dikala posisi kontent kita masih ada didasar pencarian..

tapi biasanya pengunjung ini adalah pengunjung yang cuma mampir sesaat, jadi kemungkinan tidak kembali lagi akan tinggi.

Apalagi jika promosi berhenti langsung deh traffik nyungsem..

6. Keyword Stuffing

maksudnya apa ? saking kepenginya di page one dan dapat kunjungan banyak, tak jarang blogger melakukan kesalahan ini. Penerapan keyword stuffing artinya melakukan pengulangan keyword yang berlebihan..

kata kunci diletakan asal dan dalam jumlah yang banyak, akan tetapi kalimat penjelasnya tidak relevan dengan kata kunci tersebut.

Maka google akan menganggap ini sebagai spam, imbas terburuk adalah de-index oleh google..

kalau sudah sampai sini, jelas traffik dari kontent tersebut hilang.

Dari masalah yang bisa saya rangkum diatas tentunya kita harus mencari solusi agar traffik blog kita naik begini solusi ala masbejo.

Bagaimana Cara Menaikan Traffik Blog Kembali ?


Setelah pusing website kita drop traffiknya masbejo biasanya search tu, apa solusinya..

ini ada beberapa rangkuman solusi menaikan traffik kembali yang dalam prakteknya sudah masbejo terapkan juga di blog masbejo yang lain.

1. Evergreen Content

Cara ini masbejo dapatkan dari massugeng maksudnya apa, kita disuruh membuat sebuah konten yang terus menerus dibutuhkan atau bahasa kerenya " Tetap Relevan".

Konten - konten yang dimaksud meliputi artikel tutorial, artikel devinisi, artikel yang membahas daftar dan masih banyak lainya, yang intinya sampai kapanpun relevan dan dicari.

contohnya :

Daftar 7 Produk Jajanan jadul tahun 90-an
5 Hal penting yang harus dipahami dalam membuat kontent

2. Update terus konten blog


Salah satu penyebab turunya blog adalah karena jarang update konten, maka solusi yang bagus ya ulangi update secara berkala blognya sobat.

Ngaruh apa tidak si ?

berdasarkan pengamatan masbejo ngaruh sob, ada beberapa blog yang masbejo punya, ada perbedaan jauh antara blog yang terupdate dengan tidak..

blog traffik naik dan blog traffik turun
blog traffik naik dan blog traffik turun
Dari data statistik kedua blog diatas sudah bisa dipahamikan sob perbedaanya?

blog ini dulu sama - sama traffiknya..

setelah yang satu jarang terupdate maka dia turun berbeda dengan blog yang ada dibawah, dia tetap stabil malah cenderung naik, sebab rajin update..

3. Promosikan Konten 

Apakah mempromosikan konten di medsos mempengaruhi traffik, jelas pengaruh...

akan masbejo tunjukan konten hasil promosi dimedsos,

yang masbejo lakukan, konten tersebut masbejo share di group - group yang relevan, jangan ngasal.

itu hasilnya sob, mengapa sampai tinggi traffiknya, orang akan melakukan share lagi dan lagi jika isinya bagus dan bermanfaat..

4. Perbaharui Konten Lama

Bolehkah kita update konten lama ?

ya bolehlah, kita perbaiki kualitas kontenya, melakukan update konten lama menjadi lebih bagus lebih mantap, ketimbang tulis ulang tetapi isinya hampir sama, malah kena penalti nantinya hehe..

5. Berdoa dan Sabar


yaga, doa kunci kesuksesan maka jangan tinggalkan untuk berdoa, agar traffik blog kita naik.


Dah 4 aja itu cukup, agar traffik naik,masbejo mau cerita SEO takut ga pas, mending pakai cara yang gampang saja, dan mudah dilakukan.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Traffik Blog Saya Turun Dan Bagaimana Cara Menaikan Traffik Blog Kembali ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel