Riset Ranking 8 Website di Page One Google Dengan Keyword " Traffik Blog "

Konten [Tampil]
masbejo.com - Riset Ranking 8 Website di Page One Google  Dengan Keyword " Traffik Blog "  menggunakan 160 Faktor Penentu Perankingan Google. Artikel ini masbejo buat dengan alasan Saking Penasaranya mengapa website tersebut bisa nangkring di page one dengan keyword " Traffik Blog ". Maka masbejo lakukan riset kecil - kecilan mengenai dasar perankingan google terhadap sebuah blog atau website dengan dasar beberapa sumber rujukan untuk meneliti baik dari segi kualitas tulisan, kualitas website, backlink dan lainya ( faktor penentu ranking blog di google ). Mengapa website mereka bisa di page one ? berikut hasil riset yang masbejo lakukan dengan keyword " Traffik Blog "



Riset 10 Website Dengan Keyword " Traffik Blog "
sumber : pixabay

Mengapa masbejo melakukan riset ini ?

sebab setelah masbejo pelajari semua ilmu SEO sama..

Baca Juga : Blog niche pendidikan - kupas tuntas

Jika ditanya bagaimana caranya agar postingan kita bisa nangkring di page one ?

jawaban dari pakar - pakar SEO pasti akan membahas seperti ini sob :


  • Template SEO Friendly
  • Indek Google melalui webmaster ( search console )
  • Buat postingan menarik, unik 
  • Riset kata kunci taruh di h1,h2,h3 sampai hahahahaha..
  • SEO on page dan oof page
  • Lakukan Backlink berkualitas
  • Buat Artikel 1000 samapi 1 juta kata ( wow emejing )
  • Longtail keyword
  • dan masih banyak lagi tutoriol yang sama dan hasilnya masih sama.


Maka dari itu masbejo tertarik pelajari mengapa keyword " trafik blog " dikuasi oleh 8 website yang selalu tampil dikata kunci seputar website, blog, dan SEO di Indonesia.


faktor perankingan SEO
sumber :webpro

untuk melakukan riset ini masbejo harus tahu dulu dasar - dasar sebuah postingan blog atau website bisa nangkring di page one.

Kita lihat dulu, oya ada artikel menarik yang masbejo baca di backlinkco tentang 200+ faktor peringkat google untuk tahun 2019..

Baca Juga : 135 Tool Gratis untuk blogger 

kita pelajari faktor ini dulu sebagai dasar untuk penelitian kita nantinya. Dan dapat kita gunakan sebagai acuan riset yang akan masbejo lakukan...

Jika hasilnya memang tepat..bisa kita ambil ilmunya untuk optimasi blog kita.

Ok, kita bahas dulu ilmu yang masbejo dapatkan dari backlinko.

Ternyata google menggunakan lebih dari 200+ faktor dalam menentukan perangkingan sebuah blog melalui algoritmanya. 

Akan tetapi masbejo akan jabarkan 160 saja yang paling pas di Indonesia.


#1 - 160 faktor penentu perangkingan google :

berikut 160 faktor yang dimaksud

1. Domain Age ( umur sebuah domain )

menurut matt cutts programer goole yang merupakan mantan ketua tim spam di google serta tim kualitas pencarian pada masalah optimasi mesin pencari, menyatakn bahwa google memang menggunakan usia domain dalam menentukan perangkinganya akan tetapi tidak terlalu besar secara dampak, dia menyatakan bahwa 


"Perbedaan antara domain yang berusia enam bulan dengan domain berumur satu tahun tidak terlalu besar" 

Kesimpulanya umur domain tetap dijadikan dasar perankingan tapi tidak terlalu menjadi dampak besar bagi domain baru..


2. Kata Kunci Pada domain TLD

Dulu hal ini sangat berpengaruh, akan tetapi di masa sekarang, penggunaan kata kunci pada domain hanya berdampak sedikit saja.

Kita akan buktikan nanti pada hasil penelitian.


3. Menggunakan Keyword pada awalan domain 

Misal "SEOmaster" berarti keyword SEO dia gunakan diawal kata.

Cara ini akan bisa mengungguli domain serupa yang tidak memakai teknik peletakan keyword diawal domain. Maka hal ini masih berpengaruh dan masih relevan di masa sekarang.


4. Jangka Waktu Domain

Maksudnya kadang sebuah website memesan domainya bisa untuk 5 tahun kedepan atau bahkan 10 tahun kedepan, google menganggapnya ini suatu keabsahan.

maka web dengan domain seperti ini akan lebih baik dimata google dibandingkan dengan domain yang memiliki waktu pemesanan 1 tahun.

Ternyata sampai sedetail ini ya sob...? hadehhh...untuk sobat " misquen " kaya masbejo yang pesenya diangsur setaun sekali apa bisa menyaingi para domain dengan dompet tebal yang dah dipesen untuk jangka waktu panjang?

tenang ini hanya bagian kecil sob, karena ada 199 faktor lainya.


5. Kata Kunci Pada Sub Domain

moz menyatakan bahwa kata kunci yang muncul dalam subdomain memang dapat mempengaruhi peringkat.


6. Sejarah Domain

Misal domain dengan nama yang sama yang sudah terhapus websitenya memiliki sejarah kelam dan mendapat penalty dari google maka jika domain tersebut di pesan kembali oleh pemilik baru akan memiliki pengaruh negatif dan membuat web tersebut nyungsep juga.


7. EMD ( Exact Match Domain )

Google baru - baru ini memperbaharui sistem EMD nya..Pembaruan EMD ada pada filter baru yang bertujuan untuk memastikan bahwa situs web berkualitas rendah tidak mencapai Page Rank (PR) tinggi dan naik tinggi di SERP Google (halaman hasil mesin pencari) hanya karena situs web tersebut memiliki relevansi istilah pencarian dalam nama domain.

misal gini, sobat lagi nyari " Minyak Goreng "...

dalam pencarianya kadang muncul domain - domain yang mirip kata kunci diatas ikut di wilayah page one..

misal minyak,xyz dll..



lha kini google mulai memperbaiki hal ini, jadi walau masih berpengaruh tetapi sangat rendah sebab pembaruan pada google penguin dan google pada dilakukan berkala.


8. Whois Publik Vs Pivat WhoIS

Whois sendiri artinya adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk mengetahui data dari domain tertentu misal alamat IP, Server dan Info lainya.


9. Hukuman Pada Pemilik WhoIs

Jika google menghukum pemilik whois tertentu karena diduga melakukan spam maka google akan meneliti situs lain yang dimiliki orang tersebut dan berdampak pada penurunan rank


10. Menggunakan TLD Country

Memiliki Domain Tingkat Atas Kode Negara (.cn, .pt, .ca kalau indonesia ya .id ) dapat membantu peringkat situs untuk negara tertentu ... 

tetapi dapat membatasi kemampuan situs untuk menentukan peringkat secara global.



11. Kata Kunci Dalam Tag Judul Postingan

Didalam sebuah halaman, tag judul masih sangat relevan dan penting dalam SEO walau tidak seperti dulu pengaruhnya.


12. Keyword pada title tag

Title tag itu bagian dari meta tag yang muncul paling atas.
Moz menyampaikan bahwa title tag yang dimulai dengan keyword cenderung bekerja lebih baik di mata mesin pencari. Daripada yang diletakan di bagian akhir tag.


13. Kata Kuci pada deskripsi

Menurut google menaruh kata kunci pada bagian deskripsi tidak akan berpengaruh pada peringkatan akan tetapi kata kunci pada bagian deskripsi justru akan mempengaruhi tingkat klik yang berimbas pada naiknya view, lha naiknya view inilah yang mempengaruhi perangkingan.


14. Kata Kunci Pada Tag H1

H1 Tag adalah tag pada judul ke 2, kata kunci pada h1 masih sangat relevan untuk sekarang ini sebagai pemeringkatan di google


15. TF-IDF ( Skema Pembobotan )

TF-IDF lebih mudahnya kita artikan skema pembobotan. Jadi gini pemeringkatan dengan menggunakan TF-IDF yaitu ada pada kata yang sering muncul dalam suatu dokumen. . Semakin sering kata itu muncul di sebuah halaman, semakin besar kemungkinan halaman tersebut adalah tentang kata itu. Maka peringkat halaman tersebut bisa naik.


16. Panjang Konten

Panjang Sebuah Konten akan berkolerasi dengan SERP. Maka semakin panjang sebuah konten dan membahas lebih detail serta banyak akan lebih disukai dalam algoritma google dibandingkan dengan konten yang menggunakan pembahasan sedikit.


17. Table of Contents

Penggunaan Table of Contens membuat google lebih paham isi halaman, TOC berpengaruh dalam peringkatan.
 
Baca Juga : Cara membuat TOC Blogger

18. Keyword Density

Kerapatan kata kunci yang berlebihan justru akan membuat konten tidak bagus, buatlah keywod density yang lumrah. Google masih menggunakan untuk menentukan topik blog.


19. LSI Content

Digunakan untuk memecah makna dari satu kata yang bermakna ganda. Misal ada aple perusahan ada aple buah. Maka LSI Content masih penting dalam peringkatan google.


20. Keyword LSI dalam Judul dan Deskripsi

Seperti halnya konten halaman web, kata kunci LSI dalam meta tag halaman mungkin membantu Google membedakan antara kata-kata dengan banyak makna potensial.

21. Halaman Dengan Topik Yang Mendalam

Ada korelasi antara kedalaman cakupan topik dan peringkat Google. Oleh karena itu, halaman yang mencakup setiap sudut bahasan cenderung memiliki keunggulan daripada halaman yang hanya mencakup sebagian topik saja.


22. Kecepatan Memuat Halaman pada HTML

Google dan Bing menggunakan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat.


23. Kecepatan Memuat Halaman Melalui Chrome

Google menggunakan data pengguna Chrome untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik pada waktu pemuatan halaman. Dengan begitu, mereka dapat mengukur seberapa cepat suatu halaman dimuat kepada pengguna.


24. Penggunaan AMP

Meskipun bukan faktor peringkat Google langsung, AMP mungkin merupakan persyaratan untuk menentukan peringkat dalam versi seluler Google News Carousel.


25. Pencocokan Entitas

Apakah konten halaman cocok dengan "entitas" yang dicari pengguna? Jika iya, maka halaman tersebut dapat memperoleh peningkatan peringkat untuk kata kunci tersebut.


26. Google Hummingbird

"perubahan algoritma". Berkat Hummingbird, Google sekarang dapat lebih memahami topik halaman web.


27. Duplicat Content

Duplicat Content dapat memengaruhi secara negatif visibilitas mesin pencari situs.


28. Rel = Canonical

Ketika digunakan dengan benar, penggunaan tag ini dapat mencegah Google dari penalti google untuk konten duplikat.


29. Pengoptimalan Gambar

Gambar mengirim sinyal mesin pencari yang relevan melalui nama file, teks alternatif, judul, deskripsi, dan keterangan.


30. Kekinian Konten

Pembaruan Google Caffeine mendukung konten yang baru saja diterbitkan atau diperbarui, terutama untuk pencarian yang sensitif terhadap waktu. Menyoroti pentingnya faktor ini, Google menunjukkan tanggal pembaruan terakhir suatu halaman untuk halaman-halaman tertentu.


31. Besarnya Pembaruan Konten

Pentingnya pengeditan dan perubahan juga berfungsi sebagai faktor kesegaran. Menambahkan atau menghapus seluruh bagian lebih penting daripada beralih urutan beberapa kata atau memperbaiki kesalahan ketik.


32. Pembaruan Halaman Historis

Seberapa sering halaman diperbarui dari waktu ke waktu? Setiap hari, setiap minggu, setiap 5 tahun? Frekuensi pembaruan halaman juga berperan dalam kesegaran.


33. Keunggulan Kata Kunci

Memiliki kata kunci yang muncul dalam 100 kata pertama dari konten halaman berkorelasi dengan peringkat Google halaman pertama.


34. Kata kunci dalam H2, H3 Tags

Memiliki kata kunci yang muncul sebagai subpos dalam format H2 atau H3 mungkin merupakan sinyal relevansi yang lemah. 


35. Kualitas Tautan 

Banyak SEO berpikir bahwa menautkan ke situs otoritas membantu mengirim sinyal kepercayaan ke Google. Dan ini didukung oleh studi industri baru-baru ini.


36. Tema Tautan Outbound

Menurut Algoritme Hillop, Google dapat menggunakan konten halaman yang sobat tautkan sebagai sinyal relevansi. Misalnya, jika sobat memiliki halaman tentang mobil yang tertaut ke halaman yang berhubungan dengan film, ini dapat memberi tahu Google bahwa halaman Anda adalah tentang film Mobil, bukan mobil.


37. Tata Bahasa dan Ejaan

Tata bahasa dan ejaan yang tepat adalah sinyal kualitas.


38. Konten yang Disindikasikan

Apakah konten pada halaman tersebut asli? Jika itu disalin dari halaman yang diindeks, maka halaman tersebut tidak mendapatkan peringkat ... atau mungkin tidak diindeks sama sekali oleh google.


39. Pembaruan Mobile-Friendly

Sering disebut sebagai "Mobilegeddon", pembaruan ini memberi penghargaan pada halaman yang dioptimalkan dengan benar untuk perangkat seluler.


40. Kegunaan Seluler

Situs web yang mudah digunakan pengguna seluler mungkin memiliki keunggulan dalam "Indeks Mobile-first" Google.


41. Konten "Tersembunyi" di Seluler

Konten tersembunyi di perangkat seluler mungkin tidak diindeks (atau mungkin tidak seberat berat) vs konten yang sepenuhnya terlihat. Namun, Googler baru-baru ini menyatakan bahwa konten tersembunyi tidak masalah. Tetapi juga mengatakan bahwa dalam video yang sama, "... jika itu konten kritis itu harus terlihat ...".


42. "Konten Tambahan" yang Bermanfaat

Menurut Dokumen Pedoman Penilai Google yang sekarang tersedia untuk publik, konten tambahan yang bermanfaat adalah indikator kualitas halaman. Contohnya termasuk konverter mata uang, kalkulator bunga pinjaman dan resep interaktif.


43. Konten Di Balik Tab Tersembunyi

Apakah pengguna perlu mengklik tab untuk mengungkapkan beberapa konten di halaman Anda? Jika demikian, Google telah mengatakan bahwa konten ini “mungkin tidak diindeks”.


44. Jumlah Tautan Keluar

Terlalu banyak OBL dofollow dapat "membocorkan" PageRank, yang dapat merusak peringkat halaman itu.


45. Multimedia

Gambar, video, dan elemen multimedia lainnya dapat bertindak sebagai sinyal kualitas konten. 


46. ​​Jumlah Tautan Internal yang Menunjuk ke Halaman

Jumlah tautan internal ke suatu halaman menunjukkan saling keterkaitan antar konten maka (lebih banyak tautan internal = lebih penting).


47. Kualitas Tautan Internal Menunjuk ke Halaman

Tautan internal dari halaman resmi pada domain memiliki efek lebih kuat.


48. Tautan Rusak

Memiliki terlalu banyak tautan yang rusak pada suatu halaman mungkin merupakan tanda situs yang diabaikan atau terbengkalai. Pedoman Dokumen Google Rater menggunakan link yang rusak adalah untuk menilai sebuah homepage yang berkualitas.


49. Tingkat Membaca

Tidak ada keraguan bahwa Google memperkirakan tingkat keterbacaan halaman web.


50. Tautan Afiliasi

Tautan afiliasi sendiri mungkin tidak akan merusak peringkat . Tetapi jika sobat memiliki terlalu banyak tautan afiliasi, algoritme Google mungkin lebih memperhatikan sinyal kualitas lain.


51. Eror HTML 

Banyak kesalahan HTML atau pengkodean yang ceroboh merupakan tanda dari situs yang berkualitas buruk. 


52. Otoritas Domain

Semua hal dianggap sama, halaman pada domain otoritatif akan peringkat lebih tinggi dari halaman pada domain dengan otoritas kurang.


53. PageRank Halaman

Halaman dengan banyak otoritas cenderung mengungguli halaman tanpa banyak otoritas tautan.


54. Panjang URL

URL yang terlalu panjang dapat merusak visibilitas halaman mesin pencari. Tapi Faktanya, beberapa studi yang dilakukan telah menemukan bahwa URL pendek cenderung memiliki sedikit keunggulan dalam hasil pencarian Google.


55. Jalur URL

Halaman yang lebih dekat ke beranda akan  mendapatkan lebih dalam kunjungan jika dibandingkan halaman lama yang terkubur dalam situs


56. Editor Manusia

Meskipun tidak pernah dikonfirmasi, Google telah mengajukan paten untuk sistem yang memungkinkan editor manusia untuk mempengaruhi SERP.


57. Kategori Halaman

Kategori halaman yang muncul adalah sinyal relevansi. Halaman yang merupakan bagian dari kategori yang terkait erat dapat memperoleh dorongan relevansi dibandingkan dengan halaman yang diajukan dalam kategori yang tidak terkait.


58. Tag WordPress

Tag adalah sinyal relevansi khusus WordPress.


59. Kata kunci dalam URL

Seorang perwakilan Google baru-baru ini menyebutkan bahwa kata kunci dalam URL merupakan  "faktor peringkat yang sangat kecil". 


60. URL String

Kategori-kategori dalam string URL dibaca oleh Google dan dapat memberikan sinyal tematik tentang apa halaman tersebut


61. Referensi dan Sumber

Mengutip referensi dan sumber, seperti halnya makalah penelitian, mungkin merupakan tanda kualitas. Panduan Kualitas Google menyatakan bahwa pengulas harus mengawasi sumber ketika melihat halaman tertentu: "Ini adalah topik di mana keahlian dan / atau sumber otoritatif penting ...". Namun, Google telah membantah bahwa mereka menggunakan tautan eksternal sebagai sinyal peringkat.


62. Bullet List dan Daftar Bernomor

Bullet List dan daftar bernomor membantu memecah konten Anda untuk pembaca, menjadikannya lebih ramah pengguna. Google kemungkinan setuju dan mungkin lebih suka konten dengan peluru dan angka.


63. Prioritas Halaman dalam Peta Situs

Prioritas suatu halaman diberikan melalui file sitemap.xml dapat memengaruhi peringkat.


64. Terlalu Banyak Tautan Keluar

Langsung dari dokumen penilai Kualitas yang disebutkan di atas:


65. Kuantitas Kata Kunci

Jika gogole memberikan peringkat halaman untuk beberapa kata kunci lain, hal tersebut dapat memberi Google tanda kualitas internal.


66. Umur Halaman

Meskipun Google lebih suka konten segar, halaman yang lebih tua yang diperbarui secara teratur dapat mengungguli halaman yang lebih baru.


67. Tata Letak Ramah Pengguna



68. Domain Terparkir

Pembaruan Google pada bulan Desember 2011 menurunkan visibilitas pencarian domain terparkir.


69. Konten yang Berguna

Seperti yang ditunjukkan oleh pembaca Backlinko Jared Carrizales, Google dapat membedakan antara konten "berkualitas" dan "berguna".


70. Konten Memberikan Nilai dan Wawasan Unik

Google telah menyatakan bahwa mereka senang menghukum situs yang tidak membawa sesuatu yang baru atau berguna ke meja, terutama situs afiliasi tipis.


71. Hubungi Kami Halaman

Dokumen Kualitas Google tersebut menyatakan bahwa mereka lebih suka situs dengan "jumlah informasi kontak yang sesuai". Pastikan informasi kontak Anda cocok dengan info whois Anda.


72. Domain Trust / TrustRank

Banyak SEO percaya bahwa "TrustRank" adalah faktor peringkat yang sangat penting. Dan Paten Google yang baru-baru ini diajukan berjudul "Peringkat hasil pencarian berdasarkan kepercayaan", tampaknya mendukung hal ini.


73. Arsitektur Situs

Arsitektur situs yang disatukan dengan baik (misalnya, struktur silo) membantu Google mengatur konten Anda secara tematis. Ini juga dapat membantu Googlebot mengakses dan mengindeks semua halaman situs Anda.


74. Pembaruan Situs

Banyak SEO percaya bahwa pembaruan situs web - dan terutama ketika konten baru ditambahkan ke situs - bekerja faktor kesegaran seluruh situs. Meskipun Google baru-baru ini membantah bahwa mereka menggunakan "frekuensi penerbitan" dalam algoritma mereka.


75. Kehadiran Sitemap

Sitemap membantu mesin pencari mengindeks halaman Anda lebih mudah dan lebih menyeluruh, meningkatkan visibilitas.


76. Uptime Situs

Banyak downtime dari pemeliharaan situs atau masalah server dapat merusak peringkat.


77. Lokasi Server

Lokasi server mempengaruhi tempat peringkat situs Anda di berbagai wilayah geografis (sumber). Terutama penting untuk pencarian geo-spesifik.


78. Sertifikat SSL

Google telah mengkonfirmasi bahwa menggunakan HTTPS sebagai sinyal peringkat.


79. Ketentuan Layanan dan Halaman Privasi

Dua halaman ini membantu memberi tahu Google bahwa sebuah situs adalah anggota internet yang dapat dipercaya. Mereka juga dapat membantu meningkatkan E-A-T situs.


80. Duplikat Meta Information On-Site

Informasi meta duplikat di situs dapat menurunkan semua visibilitas halaman . Faktanya, Search Console selalu memperingatkan akan hal ini.


81. Breadcrumb Navigation

Ini adalah gaya arsitektur situs yang ramah pengguna yang membantu pengguna (dan mesin pencari) mengetahui di mana mereka berada di sebuah situs:



82. Dioptimalkan untuk Seluler

Dengan lebih dari setengah pencarian dari semua pencarian dilakukan dari perangkat seluler, Maka Google ingin melihat bahwa situs sobat dioptimalkan untuk pengguna seluler. Bahkan, Google sekarang menghukum situs web yang tidak ramah seluler


83. YouTube

Tidak ada keraguan bahwa video YouTube diberi perlakuan istimewa dalam SERP (mungkin karena Google memilikinya)


84. Kegunaan Situs

Situs yang sulit digunakan atau dinavigasi dapat merusak peringkat secara tidak langsung dengan mengurangi waktu di situs, halaman yang dilihat dan rasio pentalan (dengan kata lain, faktor peringkat RankBrain).


85. Penggunaan Google Analytics dan Google Search Console

Beberapa orang berpikir bahwa menginstal kedua program tersebut dapat meningkatkan pengindeksan halaman secara cepat. Dan dengan kedua alat tersebut semua beranggapan bisa secara langsung memengaruhi peringkat, dengan alasan karena telah memberi data kepada Google lebih banyak. Akan tetapi Google telah membantah bahwa hal tersebut adalah sebuah mitos.


86. Ulasan pengguna / Reputasi situs 

Reputasi situs di situs-situs seperti Yelp.com kemungkinan memainkan peran penting dalam algoritme Google. 


87. Menghubungkan Usia Domain

Tautan balik dari domain lama mungkin lebih kuat daripada domain baru.


88. Menghubungkan Root Domains

Jumlah domain rujukan adalah salah satu faktor peringkat paling penting dalam algoritma Google.


89. Tautan dari IP Kelas C yang terpisah

Tautan dari alamat IP kelas-c yang terpisah menunjukkan luasnya situs yang menautkan kepada sobat, yang dapat membantu menentukan peringkat.


90. Menghubungkan Halaman

Jumlah total halaman yang menghubungkan - bahkan dari domain yang sama - memiliki dampak pada peringkat.


91. Backlink Anchor Text


Seperti yang tercantum dalam deskripsi algoritma asli Google ini:

Jelas, Anchor  teks kurang penting dari sebelumnya (dan, ketika dioptimalkan secara berlebihan, berfungsi sebagai sinyal webspam). Tetapi Anchor Text kaya kata kunci masih memberikan sinyal relevansi yang kuat dalam dosis kecil.


92. Alt Tag (untuk Tautan Gambar)

Teks Alt bertindak sebagai Anchor Teks untuk gambar.


93. Tautan dari Domain .edu atau .gov

Matt Cutts dari Google menyatakan bahwa TLD tidak menjadi faktor penting dalam suatu situs. Dan Google mengatakan mereka "mengabaikan" banyak tautan Edu. Namun, itu tidak menghentikan SEO untuk berpikir bahwa ada tempat khusus dalam algoritma untuk TLD .gov dan .edu.


94. Wewenang Menghubungkan Halaman

Wewenang (PageRank) dari halaman referensi telah menjadi faktor peringkat yang sangat penting sejak Google masih awal dan masih ada.


95. Otoritas Tautan Domain

Otoritas domain rujukan dapat memainkan peran independen dalam nilai tautan.


96. Tautan Dari Pesaing

Tautan dari halaman lain yang berperingkat dalam SERP yang sama mungkin lebih berharga bagi peringkat halaman untuk kata kunci tertentu.


97. Tautan dari Situs Web "Diharapkan"

Meskipun spekulatif, beberapa SEO percaya bahwa Google tidak akan sepenuhnya mempercayai situs web sobat sampai situs tersebut ditautkan dari satu set situs yang tepat/diharapkan.


98. Tautan dari Lingkungan Buruk

Tautan dari apa yang disebut "lingkungan buruk" dapat merusak situs Anda.


99. Guest Post

 "Guest Post"  skala besar dapat membuat situs bermasalah.


100. Tautan Dari Iklan

Menurut Google, tautan dari iklan harus tidak diikuti. Namun, kemungkinan Google dapat mengidentifikasi dan menyaring tautan yang diikuti dari iklan.


101. Otoritas Beranda

Tautan ke beranda halaman rujukan dapat memainkan peran penting dalam mengevaluasi situs.


102. Tautan Nofollow

Ini adalah salah satu topik paling kontroversial dalam SEO. 


103. Keragaman Jenis Tautan

Memiliki persentase besar dari tautan Anda yang berasal dari satu sumber (mis. Profil forum, komentar blog) mungkin merupakan tanda dari webspam. Di sisi lain, tautan dari berbagai sumber adalah tanda profil tautan alami.


104. "Tautan Sponsor" 

Kata-kata seperti "sponsor", "mitra tautan", dan "tautan sponsor" dapat menurunkan nilai tautan.


105. Tautan Kontekstual

Tautan yang disematkan di dalam konten halaman dianggap lebih kuat daripada tautan pada halaman kosong atau ditemukan di tempat lain pada halaman.


106. Pengalihan 301 Berlebihan ke Halaman



107. Anchor Teks Tautan Internal

Anchor Teks tautan internal adalah sinyal relevansi lain. Karena itu, tautan internal kemungkinan memiliki bobot yang lebih sedikit daripada anchor text yang berasal dari situs eksternal.


108. Atribusi Judul Tautan

Judul tautan (teks yang muncul saat sobat mengarahkan kursor ke tautan) juga dapat digunakan sebagai sinyal relevansi yang lemah.


109. TLD Negara dari Domain Perujuk

Mendapatkan tautan dari ekstensi domain tingkat atas khusus negara (.de, .cn, .co.uk) dapat membantu  memberi peringkat lebih baik di negara itu.


110. Lokasi Tautan Dalam Konten

Tautan di awal suatu konten mungkin memiliki bobot yang sedikit lebih besar daripada tautan yang ditempatkan di akhir konten.


111. Lokasi Tautan di Halaman

Di mana tautan muncul pada halaman itu penting. Umumnya, tautan yang disematkan dalam konten halaman lebih kuat daripada tautan di area footer atau sidebar.


112. Menghubungkan Relevansi Domain

Tautan dari situs serupa secara signifikan lebih kuat daripada tautan dari situs yang sama sekali tidak terkait.


113. Relevansi Tingkat-Halaman

Tautan dari halaman yang relevan juga memberikan lebih banyak nilai.


114. Kata kunci dalam Judul

Google sangat suka  tautan dari halaman yang berisi kata kunci halaman.


115. Positive Link Velocity

Situs dengan kecepatan tautan positif biasanya mendapat dorongan SERP karena menunjukkan situs Anda semakin populer.


116. Tautan Negatif

Di sisi lain, tautan negatif dapat secara signifikan mengurangi peringkat karena merupakan sinyal penurunan popularitas.


117. Tautan dari Halaman “Hub”

Algoritma Hilltop menyarankan agar mendapatkan tautan dari halaman yang dianggap sebagai sumber daya teratas (atau hub) pada topik tertentu diberi perlakuan khusus.


118. Tautan dari Situs Otoritas

Tautan dari situs yang dianggap sebagai "situs otoritas" cenderung memberikan dampak positif lebih besar daripada tautan dari situs kecil yang relatif tidak dikenal.


119. Ditautkan sebagai Sumber Wikipedia

Walaupun tautannya tidak mengikuti, banyak yang berpikir bahwa mendapatkan tautan dari Wikipedia memberi Anda sedikit kepercayaan dan otoritas tambahan di mata mesin pencari.


120. Co-Occurrences

Kata-kata yang cenderung muncul di sekitar backlink Anda membantu memberi tahu Google tentang apa halaman itu.


121. Umur Tautan Balik

Menurut paten Google, tautan lama memiliki kekuatan peringkat yang lebih tinggi daripada tautan balik yang baru dibuat.


122. Tautan dari Situs Nyata vs. "Splogs"

Karena menjamurnya jaringan blog, Google mungkin memberi bobot lebih kepada tautan yang berasal dari "situs nyata" daripada dari blog palsu. 


123. Profil Tautan Alami

Situs dengan profil tautan "alami" akan berperingkat tinggi dan lebih tahan lama dari pembaruan daripada yang jelas menggunakan strategi black hat untuk membangun tautan.


124. Tautan Timbal Balik

Tautan skema yang berlebihan harus dihindari jika tidak mau berdampak buruk pada pemeringkatan


125. Tautan Konten Buatan Pengguna

Google dapat mengidentifikasi UGC dengan konten yang diterbitkan oleh pemilik situs sebenarnya. 


126. Tautan dari 301

Tautan dari pengalihan 301 mungkin kehilangan nilai dibandingkan dengan tautan langsung. 


127. Penggunaan Schema.org

 Fakta bahwa halaman dengan microformatting memiliki CTR SERP yang lebih tinggi.


128. TrustRank dari Situs Penghubung

Kepercayaan situs yang menghubungkan menentukan berapa banyak "TrustRank" yang akan diteruskan ke situs kita.


129. Jumlah Tautan Keluar pada Halaman



130. Tautan Forum

Google secara signifikan mendevaluasi tautan dari forum.


131. Hitungan Kata dari Konten yang Menghubungkan

Tautan dari kiriman 1000 kata biasanya lebih berharga daripada tautan di dalam cuplikan 25 kata.


132. Kualitas Konten yang Menghubungkan

Tautan dari konten yang ditulis dengan buruk atau berputar tidak memberikan nilai sebanyak tautan dari konten yang ditulis dengan baik.


133. Tautan Seluruh Situs

Matt Cutts telah mengkonfirmasi bahwa tautan seluruh situs “dikompres” untuk dihitung sebagai satu tautan.


134. RankBrain

RankBrain adalah algoritma AI Google. Banyak yang percaya bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengukur bagaimana pengguna berinteraksi dengan hasil pencarian (dan memberi peringkat hasil yang sesuai).


135. Rasio Klik Tayang Organik untuk Kata Kunci

Menurut Google, halaman yang diklik lebih banyak di RKT dapat mendapatkan dorongan SERP untuk kata kunci tertentu.


136. RKT Organik untuk Semua Kata Kunci

 "Skor Kualitas" untuk hasil organik


137. Rasio Pentalan

 sebuah studi terbaru oleh SEMRush menemukan korelasi antara rasio pentalan dan peringkat Google.


138. Lalu Lintas Langsung

Dipastikan bahwa Google menggunakan data dari Google Chrome untuk menentukan berapa banyak orang mengunjungi situs (dan seberapa sering). Situs dengan banyak lalu lintas langsung cenderung merupakan situs dengan kualitas lebih tinggi dibandingkan situs yang hanya mendapatkan sedikit lalu lintas langsung. Bahkan, studi SEMRush  menemukan korelasi yang signifikan antara lalu lintas langsung dan peringkat Google.


139. Lalu Lintas Berulang

Situs dengan pengunjung berulang dapat memperoleh peningkatan peringkat Google.


140. Pogosticking

Pogosticking” adalah jenis bouncing khusus. Dalam hal ini, pengguna mengklik hasil pencarian lain dalam upaya untuk menemukan jawaban atas permintaan mereka.


141. Situs yang Diblokir

Google telah menghentikan fitur ini di Chrome. Namun, Panda menggunakan fitur ini sebagai sinyal kualitas. Jadi Google masih dapat menggunakan variasi itu.



142. Jumlah Komentar

Halaman dengan banyak komentar mungkin merupakan sinyal interaksi dan kualitas pengguna. Bahkan, satu Googler mengatakan komentar dapat membantu "banyak" dengan peringkat.


143. Dwell Time

Google sangat memperhatikan “dwell time“  berapa lama orang menghabiskan waktu di halaman sobat ketika datang dari pencarian Google. Google mengukur berapa lama pencari Google menghabiskan waktu di halaman sobat. Semakin lama waktu yang dihabiskan, semakin baik.

144. Keabsahan Akun Media Sosial

Akun media sosial dengan 10.000 pengikut dan 2 posting mungkin ditafsirkan jauh berbeda dari 10.000 akun pengikut kuat lainnya dengan banyak interaksi. Bahkan, Google mengajukan paten untuk menentukan apakah akun media sosial itu asli atau palsu.

145. Penalti Panda

Situs dengan konten berkualitas rendah kurang terlihat dalam pencarian setelah terkena hukuman Panda.

146. “Iklan yang Mengganggu”

Dokumen Pedoman Penilai Google resmi mengatakan bahwa munculan dan iklan yang mengganggu adalah tanda situs berkualitas rendah.


147. Popup Interstitial

Google dapat menghukum situs yang menampilkan popup "interstitial" halaman penuh untuk pengguna seluler.


148. Optimalisasi Situs

Google dapat menghukum sebuah situs dengan kata kunci yang berlebihan 


149. Konten Gibberish

Google dapat menguraikan konten hasil pantulan di situs AGC.


150. Doorway Pages

Google tidak suka situs yang menggunakan Laman Doorway.


151. Iklan Di Atas flip

"Algoritma Tata Letak Halaman" menghukum situs dengan banyak iklan (dan tidak banyak konten) di atas flip.


152. Menyembunyikan Tautan Afiliasi

Menyembunyikan tautan afiliasi dapat mendatangkan penalti.



153. Situs Afiliasi

Bukan rahasia lagi bahwa Google bukan penggemar afiliasi terbesar. Dan banyak yang berpikir bahwa situs yang menghasilkan uang dengan program afiliasi ditempatkan di bawah pengawasan ekstra.


154. Konten Autogenerated

Dapat dimengerti bahwa Google membenci konten yang di-autogenerasi. Dan google akan memberikan penalti


155. Situs Diretas

Jika situs Anda diretas, situs itu dapat dikeluarkan dari hasil pencarian. Bahkan, Search Engine Land langsung mendeindexed.


156. Hukuman Penguin

Situs yang terkena Google Penguin secara signifikan kurang terlihat dalam pencarian. Meskipun, tampaknya, Penguin sekarang lebih berfokus pada menyaring tautan buruk dibandingkan menghukum seluruh situs web.


157. Tautan Direktori Berkualitas Rendah

Menurut Google, tautan balik dari direktori berkualitas rendah dapat menyebabkan penalti.



158.Lonjakan Tautan Tidak Normal

Paten Google 2013 menjelaskan bagaimana Google dapat mengidentifikasi apakah masuknya tautan ke suatu laman adalah sah atau tidak. Tautan-tautan yang tidak wajar itu bisa menjadi tidak bernilai.


159. Tautan Dari Artikel dan Siaran Pers

Direktori artikel dan siaran pers telah disalahgunakan sampai-sampai Google sekarang menganggap dua strategi pembangunan tautan ini sebagai "skema tautan".


160. Disavow Tool

Penggunaan Disavow Tool dapat menghapus penalti manual atau algoritmik untuk situs yang menjadi korban SEO negatif.


Kesimpulan
Dari 160 Faktor diatas dapat kita ringkas menjadi 7 kategori, Berikut adalah faktor peringkat Google paling penting di tahun 2019 yang mungkin bisa kita jadikan acuan untuk sumber riset yang akan jadi dasar masbejo :


  • Faktor domain
  • Rasio klik-tayang organik
  • Domain Authority
  • Kegunaan seluler ( speed blog / web )
  • Total jumlah backlink
  • Kualitas konten
  • SEO pada halaman


#2 Riset 8 Website di page one dengan keyword ( Traffik Blog )

Dari penjelasan diatas tentang 160 faktor penentu peringkatan di google dan hasil ringkasanya. masbejo ingin melihat satu persatu website - website di 8 besar tersebut secara rinci dan menghubungkan dengan faktor penentu tadi, serta membandingkan hasil di satu website dengan website lainya dalam kategori 8 teratas di kata kunci " traffik Blog ".

Kita lihat dulu siapa saja yang menempati 8 Teratas dengan kata kunci " Traffik Blog ".


    Coba kita amati, di posisi 8 besar sebagian diduduki oleh blogger papan atas, yang kemungkinan dikata kunci lainpun merekajuga juaranya..

    Tapi justru hal tersebut bisa kita gali tentang berbagai informas terkait mereka, maka jiwa peneliti akan timbul , ( wuihhh..)

    Berikut Hasil analisis dari riset yang dilakukan masbejo dari kata kunci " Traffik Blog " 

    #3 Faktor Domain ( Umur serta DA dan PA )




    Keterangan tabel ( Kuning - Rank 1, Orange - Rank 2, Biru - Rank 3 ).

    Dari 8 website teratas dengan keyword " Traffik Blog " kita dapati data domain seperti pada tabel diatas.

    Posisi DA 1-3 ( niagahoster, maxmanroe, sugeng )
    Posisi PA 1-3 ( sugeng, niagahoster, maxmanroe )

    Sedangkan Umur domain 1-3 ( Dewaweb,maxmanroe,febriyanlukito )

    akan tetapi dari segi umur domain tidak semua data bisa ditampilkan.

    dari hasil rank google pada kata kunci diatas menujukan urutan 1-3 ( panduanIM, dewaweb,niagahoster )

    berarti dari data diatas bisa masbejo simpulkan bahwa faktor domain berpengaruh akan tetapi tidak begitu besar..

    faktor domain sangat berpengaruh untuk dewaweb dan niagahoster, akan tetapi disini panduanIM tidak dilevel 1-3 untuk faktor domain tapi dia bisa di rank#1 versi masbejo, penasaran kita lihat data lainya...


    #4 Daily Pageview dan Dailyvisitor





    Dari data diatas tentang daily visitor dan page view bisa kita lihat bahawa urutan 1-3 ( maxmanroe, niagahoster, dewaweb )

    tiga web tersebut menempati posisi atas, tapi sekali lagi rank#1 atas keyword " traffik website " atau " Traffik blo " diduduki oleh panduanIM, tapi faktor view dan visitor sangat berpengaruh untuk 3 website diatas.


    #5  Jumlah Backlink dan Kualitas Backlink





    Kita bisa melihat data jumlah backlink dan kualitasnya disini, dari 8 web yang masbejo ujicoba untuk melihat korelasi rank# sebuah halam pada page one google dengan kata kunci " Traffik Blog "

    meunjukan bahwa maxmanroe mendudukti posisi atas dan disusul panduanIM dan ketiga ditempati oleh klik mania...

    berarti dimungkinkan jumlah backlink dan kualitas backlink menjadi dasar yang tinggi untuk pemeringkatan sebuah halaman di google...

    disini bisa kita lihat urutanya 1-3 ( maxmonroe, panduanIM, klikmania )


    #6. Kegunaan seluler ( speed blog / web )




    Dengan melihat data diatas kecepatan seluler diduduki oleh sugengid

    adapun rank 1-3 ( sugengid,klikmania,febry )

    akan tetapi sugeng memiliki kecepatan yang seimbang anatara seluler dan dekstop..

    jika kecepatan dijadikan acuan dalam pemeringkatan maka 3 webdiatas beruntung dari faktor kecepatan mereka sukses.


    #7 Kualitas Konten


    Disini masbejo hanya akan melakukan pengecekan pada jumlah kata, keyword dan lain-lainya akan tetapi jika kita mengacu pada seberapa kualitas konten tergantung orang yang merasakan, kalau masbejo melihat konten yang dimiliki panduanIm lebih menarik sebab dalam pembahasan enak diikuti dan real seakan kita terhipnotis mengikuti alur bacaanya..

    tapi kita bisa lihat data diluar itu dulu



    Dari 3 Kata kunci " Traffik Blog " dipecah menajadi Traffik dan Blog akan tetapi ada sinonim keyword yang bisa terbawa di keyword tersebut antaralain kata website sama dengan blog, jadi google memandang keduanya sama, trafik dan traffik serta traffic dianggap sama...

    semua keyword tersebut 8 web diatas menaruh tepat di awal - awal paragraf dan sebagian di akhir paragraf..tapi hampir 90 persen menaruh diawal paragraf..

    adapun data jumlah keyword dari kata traffik blog dan jumlah kata yang digunakan bisa kita lihat disini



    disini panduan IM menduduki posisi atas masalah konten, disusul nigahoster dan ketiga dewaweb...

    jumlah kata dikuasai oleh panduan IM dalam keyword " traffik blog " akan tetapi dari segi jumlah keyword dia kalah sama febriyanlukito tapi dari segi jumlahkata, katamurni dan lainya dia menang..

    Kesimpulan pada hal ini menujukan bahwa jumlah kata dengan keyword yang sedang bisa mengungguli konten - konten yang sama milik pesaing...

    Dan kedua kualitas dalam tulisan, menjadi faktor plus yang dapat menarik pengunjung.

    Rank kualitas konten ( panduanIm, niagahoster,dewaweb )

    Untuk faktor kualitas SEO semua sudah memiliki SEO yang bagus bisa dilihat ditabel MOZ semua SEO,.

    Dari beberapa faktor diatas, yang masbejo jadikan bahan untuk riset menujukan bahwa kualitas konten sangat berpengaruh besar, disusul jumlah dan qualitas backlin, dan faktorlain menyumbang dengan jumlah yang lebih kecil, tapi mempengaruhi ranking halaman.


    #8 Kesimpulan

    Sebetulnya masih banyak sekali faktorlain yang belum masbejo bandingkan, yang sangat bisa menaikan view dan menaikan kualitas domain mereka, salah satunya adalah jumlah penggemar mereka di akun - akun media sosial yang mereka miliki, forum - forum diskusi, dan faktor persolah branding, ya..

    personal branding sangat mempengaruhi sesorang untuk melakukan kunjungan berulang disetiap ada sebuah update konten..

    Daya tarik sebuah web yang didapatkan dari pemilik web merupakan salah satu keunggulan dalam personal branding..

    misal di medsos seseorang sangat suka dengan tulisan, ide, gagasan masdarmawan atau mas sugeng atau mas bejo hehe... maka akan sangat berefek pada website mereka semua...

    Selain faktor itu adabanyak faktorlain berprosesntase kecil - sedang yang ada di 160 faktor penentu perankingan sebuah postingan blog...

    Dari banyak faktor yang bisa menjadikan postingan kita meuju page one, yang harus kita lakukan agar bisa mendorong cepat naik adalah kualitas konten dan backlink ( jumlah dan kualitas ) faktor lain ada dibawahnya...

    mungkin itu hasil riset sederhana yang masbejo lakukan, intinya membuat postingan yang bagus akan merarik sebuah kunjungan dan jumlah backlink...

    Masbejo akan bahas lebih jauhlagi dipostingan berikutnya, tunggu aja sob..

    Belum ada Komentar untuk "Riset Ranking 8 Website di Page One Google Dengan Keyword " Traffik Blog " "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel