Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 14-17 Soal No 1-5

Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 14-17 Soal No 1-5 – Halo sobat semuanya, salam semangat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang “Jawaban Soal No 1-5” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII BAB I. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti materi tentang Bilangan Bulat.

Baca Juga :  Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 34 Mari kita Periksa Soal No 1 dan 2

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang mempberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri. Setelah mengerjakan secara mandiri barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Soal

1. Nyatakanlah suhu berikut ini dengan tanda positif atau negatif.

a. Suhu 6,5°C lebih tinggi dibandingkan 0°C
b. Suhu 10°C lebih rendah dibandingkan 0°C

Jawaban:

a. +6.5°C

b. –10°C

Penjelasan:

Soal berikut adalah salah satu bentuk penulisan suhu dengan menggunakan tanda positif dan negatif. Pada soal pertama dinyatakan sebagai 6,5o C, tetapi ajarkan pula bahwa itu dapat dinyatakan dengan menggunakan tanpa +6,5o C dengan menggunakan tanda positif.

Pahami bahwa “+” dan “-“ masing-masing harus dibaca sebagai “plus” dan “minus”. Jelaskan pula bahwa “+” dan “-“ bukanlah simbol matematika yang menunjukkan penambahan atau pengurangan, tetapi simbol (kode positif dan kode negatif) yang menunjukkan apakah bilangan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari dari titik acuan 0.

Begitu juga, dalam rumus matematika, penggunaan + dan – sebagai tanda positif dan negative. Perlu dipahami bahwa 0 bukanlah “tidak ada”, tetapi menjadi “titik acuan”, dan berbagai besaran dapat dinyatakan dengan menggunakan tanda positif dan negatif.

2. Ditetapkan titik A sebagai titik pangkal 0 km. Titik “6 km di sebelah Timur A” sebagai +6 km. Titik “4 km di sebelah Barat A” dinyatakan sebagai -4 km.

Berdasarkan contoh 1, titik -7 km dan +2,5 km menyatakan posisi di mana pada garis? Tunjukkan nilai tersebut dengan ↑. Kemudian, nyatakan dengan menggunakan kata-kata

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 10 Bab 5 Pengertian Jaringan Lokal

-7 km: 7 km di sebelah barat A

+2.5km: 2,5 km di sebelah timur A

Penjelasan:

Ditetapkan sebuah titik pangkal, yaitu dimana titik di sebelah timur titik pangkal dilambangkan dengan + dan titik barat oleh -.

3. Nyatakan besaran-besaran berikut ini menggunakan tanda positif dan negatif.

a. “rugi 500 rupiah”, jika “untung 400 rupiah” dinyatakan sebagai +400 rupiah.

b. “30 menit dari sekarang”, jika “20 menit yang lalu” dinyatakan sebagai -20 menit.

c. “4° C lebih rendah dibandingkan suhu tertinggi kemarin” berdasarkan suhu tertinggi hari ini, jika 3°C lebih tinggi dibandingkan suhu tertinggi kemarin” dinyatakan sebagai +3°C.

Jawaban:

(1) -500 rupiah

(2) +30 menit

(3) -4°C

Penjelasan:

Dapat dipahami bahwa besaran selain suhu juga dapat direpresentasikan dengan menggunakan tanda positif dan negatif. Pada saat itu, penting untuk menjelaskan apa itu titik pangkal 0 dan apa yang dinyatakan dengan + dan -. Saat titik pangkal sudah ditetapkan, besaran yang mana, + atau – yang menjadi pertimbangan, hal yang umum untuk meningkatkan besaran karakter bertambah menjadi +.

4. Papan pengumuman lomba lari cepat 100 m menunjukkan bahwa kecepatan angin buritan adalah 0,9 m per detik dinyatakan sebagai “+0,9 m /detik. ” Apa artinya -2,3 m /detik”?

Jawaban:

Ada angin haluan dengan kecepatan 2.3m/detik

Penjelasan:

Di papan pengumuman lomba lari, kecepatan angin buritan adalah +. Angin haluan dinyatakan dengan tanda -. Pada hal ini, perlu untuk memastikan bahwa titik pangkal adalah 0 m/s menyatakan keadaan tanpa angin. Dan juga, satuan kecepatan m/s, biasanya dibaca “meter per secon” atau “meter per detik”.

5. Tentukan bilangan-bilangan berikut ini apakah positif atau negatif. Nyatakanlah selisihnya terhadap 0 (lebih besar atau lebih kecil dari 0)

a. -6

b. +3

c. +1,2

d. -2/5

e. – 0,1

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban apa tujuan mengklasifikasikan makhluk hidup

a. Bilangan Negatif 6 kurang dari 0

b. Bilangan Positif, 3 lebih dari 0

c. Bilangan Positif, 1,2 lebih dari 0

d. Bilangan Negatif, 2/5 kurang dari 0

e. Bilangan Negatif 0,1 kurang dari 0

Penjelasan:

Sejauh ini, “besaran dengan sifat berlawanan” seperti suhu, ketinggian, dan jarak telah menggunakan tanda positif dan negatif

 

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 14-17 Soal No 1-5. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.