Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 17-19 Soal No 1-6

Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 17-19 Soal No 1-6 – Halo sobat semuanya, salam semangat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang “Soal No 1-6 Membandingkan Bilangan-Bilangan” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII BAB I. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti materi tentang Bilangan Bulat.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang mempberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri. Setelah mengerjakan secara mandiri barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Membandingkan Bilangan-Bilangan

1. Gambarlah garis bilangan, tandai titik-titik yang bersesuaian dengan bilangan-bilangan berikut.
+4, +0,5, -2, -5, 3,5, -3/2

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Proyek Halaman 71 Biosolar B30 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Penjelasan:

Garis bilangan banyak digunakan pada pembelajaran selanjutnya. Misalnya, 3,5 atau 7/2 , dan 1/2 adalah 0,5, dapat dipastikan kembali bahwa hal tersebut dapat diwakilkan. Pada penjelasan berikutnya diperluas menjadi garis bilangan yang memuat bilangan negatif.

Dengan menggunakan garis bilangan penjelasan pertama, garis bilangan diperpanjang ke kiri, saat dalam menyusun, tentukan “titik pangkal” dan “ 1 satuan panjang”, dan arahkan bilangan positif ke kanan dan bilangan negatif ke kiri.

Garis bilangan biasanya ditempatkan secara horizontal, tetapi karena sumbu koordinat juga menggunakan garis bilangan yang ditempatkan secara vertikal, cobalah menempatkan dengan vertikal, bleh juga menggunakan skala termometer.

2. Nyatakanlah bilangan-bilangan yang bersesuaian dengan titik A, B, C, D, dan E.

Jawaban:

a. Bilangan -3

b. Bilangan -1,6 atau -8/5

c. Bilangan -0,4 atau -2/5

d. Bilangan +1

e. +3,2 atau +16/5

Penjelasan:

Simbol “>, <” telah dipelajari pada tahun kedua sekolah dasar, dan istilah “pertidaksamaan” telah dipelajari pada tahun ketiga sekolah dasar. Memang dapat dipahami bahwa simbol yang menentukkan besarnya hubungan, tetapi dalam kasus bilangan negatif, –5 >< –2 dan –2 > –5 memiliki arti yang sama. Saat menyatakan hubungan besaran 3 angka menggunakan pertidaksamaan, misalnya, jika menulis –2 < + 3> –4, sulit untuk dapat membaca hubungan besaran antara –2 dan –4. Penting untuk mengetahui poin-poin yang perlu diingat saat menggunakannya

3. Bandingkan pasangan-pasangan bilangan berikut dengan menggunakan tanda-tanda pertidaksamaan

a. +3, +4
b. -4, -6
c. +0,1 , – 0,2
d. -2/3, -1/3
e. +1, -3, 0
f. -2, +5, -5

Jawaban:

a. +3 < +4

b. -4 > -6

c. +0,1 > -0,2

d. -2/3 < -1/3

Baca Juga :  Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 23-25 Soal No 5-9

e. -3 < 0 < +1

f. -5 < -2 < +5

Penjelasan:

Ini adalah soal untuk menjelaskan besarnya bilangan negatif dengan menggunakan garis bilangan. Dalam kasus bilangan positif, kita telah belajar di sekolah dasar bahwa bilangan di sebelah kanan pada garis bilangan lebih besar.

Di sini, kita menekankan besarnya bilangan negatif, –2 adalah angka 2 kurang dari 0 dan –5 adalah angka 5 kurang dari 0. Jadi jika mengambil dua angka pada garis bilangan, dapat diketahui bahwa –2 berada di sebelah kanan –5. Berdasarkan pernyataan anak pada gambar dan yang disebutkan diatasnya, disimpulkan sebagai “pada garis bilangan, bilangan di kanan lebih besar dan bilangan di kiri lebih kecil”. Saat pembelajaran, diharapkan untuk mengambil bilangan positif dan bilangan negatif dan mengembangkannya dengan cara mengulang pelajaran.

4. Berturut-turut, tentukan nilai-nilai mutlak dari – 7 dan + 5,2

Jawaban:

Nilai mutlak -7 adalah 7

Nilai mutlak +5.2 adalah 5.2

5. Tentukanlah bilangan-bilangan yang nilai mutlaknya 10 dan 2/3

Jawaban:

Bilangan dengan nilai mutlak 10 adalah +10 dan -10 Bilangan dengan nilai mutlak 2/3 adalah + 2/3 dan – 2/3.

Penjelasan:

Untuk menyatakan besarnya angka menggunakan istilah matematika yaitu nilai mutlak. Oleh karena itu, terlebih dahulu kita harus memperjelas arti dari nilai mutlak.

Nilai absolut atau nilai mutlak sebuah bilangan adalah jarak yang ada pada garis bilangan antara titik asal dan titik yang bersesuaian dengan bilangan tersebut. Istilah nilai mutlak juga akan digunakan dalam pembelajaran selanjutnya dari empat aturan bilangan positif dan negatif, jadi kita akan mencoba menetapkannya.

6. Ketika kita membandingkan nilai-nilai mutlak dari dua bilangan negatif, apa yang dapat kita katakan mengenai nilai-nilai mereka? Jelaskan!

Penjelasan:

Baca Juga :  Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 20 Mari Kita Periksa

Jika membandingkan dua bilangan negatif -6 dan -4, -6 memiliki nilai absolut yang lebih besar sehingga pada garis bilangan -6 ada di sebelah kiri.

Jika membandingkan dua bilangan positif +4 dan +6, nilai mutlak +6 lebih besar dan pada garis bilangan berada di sebelah kanan

Jadi, dari dua bilangan negatif tersebut, bilangan yang besar adalah bilangan yang memiliki nilai mutlak yang paling kecil.

 

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 17-19 Soal No 1-6. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.