Jawaban Soal Refleksi tentang Cara Telinga Bekerja

Jawaban Soal Refleksi tentang Cara Telinga Bekerja – Halo sobat, dalam artikel ini kita akan membahas soal refleksi tentang bagaimana cara telinga bekerja. Materi ini terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V Kurikulum Merdeka.  Mari langsung saja kita Simak pembahasan soal berikut ini !

Jawaban Soal Refleksi tentang Cara Telinga Bekerja Halaman 32

Mari Refleksikan

1. Hal baru apa yang kalian dapatkan dari topik ini?

2. Apa hubungan bunyi dan proses mendengar?

3. Informasi apa yang diberikan oleh telinga kita? Jika telinga kita tidak berfungsi, adakah cara lain untuk mendapatkan informasi ini?

4. Apakah suara keras baik untuk telinga kita?

5. Apa saja yang tidak bisa kita lakukan jika kita tidak bisa mendengar?

6. Menurut kalian cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga Kesehatan telinga kita?

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Mendengar Karena Bunyi

Jawaban :

1. Jawaban setiap siswa bisa berbeda.

2. Hubungan bunyi dan proses mendengar : Proses mendengar terjadi karena ada rangsangan bunyi yang menggetarkan gendang telinga kita. Kemudian, sistem pendengaran bekerja dari rangsangan gendang telinga.

3. Informasi yang didapatkan bisa tanda bahaya, panggilan, cerita, dan lain-lain. Cara lain untuk mendapatkan informasi ini bisa menggunakan indra yang lainnya. Sampaikan bagaimana orang dengan gangguan pendengaran menggunakan mata dan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi. Tuhan menciptakan kelima indra untuk saling melengkapi. Ketika salah satu indra tidak berfungsi masih ada indra lain yang membantu walaupun tidak akan sama.

4. Tidak, suara keras dapat mengganggu sistem pendengaran kita.

5. Banyak orang dengan gangguan pendengaran namun bisa beraktivitas, bahkan mencetak prestasi. Mempunyai indra pendengaran yang sehat merupakan suatu hal yang perlu disyukuri.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 6.6 Halaman 143 Eksplorasi Energi IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

6. Cara yang yang bisa dilakukan untuk menjaga Kesehatan telinga adalah dengan membersihkan dengan rutin, tidak memasukkan benda asing ke telinga kita, tidak memasukkan alat pembersih terlalu dalam, tidak mendengarkan musik terlalu kencang, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Melalui pembahasan soal di atas diharapkan dapat membantu kalian dalam belajar dan memperoleh pemahaman tentang bagaimana cara telinga mendengar.  Selamat belajar !

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Bunyi

Disclaimer :

  1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.