Jawaban Soal Refleksi tentang Rantai Makanan

Jawaban Soal Refleksi tentang Rantai Makanan – Sobat tahukah kalian apa itu rantai makanan? Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem. Rantai makanan menggambarkan perpindahan energi yang terjadi di sebuah ekosistem.

Dalam artikel ini kita akan membahas soal refleksi tentang rantai makanan. Materi ini terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V Kurikulum Merdeka.  Mari langsung saja kita Simak pembahasan soal berikut ini !

Jawaban Soal Refleksi tentang Rantai Makanan Halaman 47

Mari Refleksikan

1. Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi?

2. Bagaimana makhluk hidup dalam satu ekosistem berkaitan satu dengan lainnya?

3. Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem?

4. Apa itu rantai makanan?

5. Apa saja peran makhluk hidup dalam rantai makanan?

6. Menurut kalian ada di mana posisi manusia dalam rantai makanan?

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Memakan dan Dimakan

Jawaban :

1. Cara makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi : pada tumbuhan melalui fotosintesis, pada manusia dan hewan denganmemakan makhluk hidup lainnya.

2. Makhluk hidup dalam satu ekosistem berkaitan satu dengan lainnya yaitu menjadi sumber energi untuk makhluk hidup lainnya. Elaborasikan juga dengan pengetahuan peserta didik mengenai simbiosis di ekosistem.

3. Hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem : tanaman menjadi sumber energi bagi hewan. Elaborasikan dengan pengetahuan peserta didik mengenai penyebaran biji, nutrisi tambahan dari kotoran hewan dan hasil dekomposisi bangkainya untuk melihat hubungan yang dua arah.

4. Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem. Rantai makanan menggambarkan perpindahan energi yang terjadi di sebuah ekosistem.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 98 dan 99 Pemilihan Spesifikasi Komputer Sesuai Kebutuhan

5. Peran makhluk hidup dalam rantai makanan : produsen sebagai penghasil makanan, konsumen yang memakan makhluk hidup lainnya, dekomposer sebagai pengurai bangkai/sisa makhluk hidup menjadi nutrisi untuk tanah.

6. Posisi manusia dalam rantai makanan adalah sebagai konsumen. Bisa konsumen 1, 2, atau 3 bergantung pada panjangnya rantai makanan.

Kesimpulan

Melalui pembahasan soal di atas diharapkan dapat membantu kalian dalam belajar dan memperoleh pemahaman tentang rantai makan.  Selamat belajar !

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Cara Telinga Bekerja

Disclaimer :

  1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.