Jawaban Soal tentang Bunyi dan Sifatnya

Jawaban Soal tentang Bunyi dan Sifatnya – Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang soal bunyi dan sifatnya. Materi ini terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V Kurikulum Merdeka.  Mari langsung saja kita Simak pembahasan soal berikut ini !

Jawaban Soal tentang Bunyi dan Sifatnya Halaman 19

Topik C: Bunyi dan Sifatnya

Pertanyaan Esensial

1. Bagaimana bunyi merambat?

2. Mengapa ada bunyi keras dan pelan?

3. Apa yang memengaruhi tinggi dan rendahnya suatu bunyi?

4. Apa yang memengaruhi keras dan pelan suatu bunyi?

5. Apakah kita bisa meredam suara?

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Melihat Karena Cahaya

Jawaban :

1. Bunyi merambat ke segala arah.

2. Bunyi keras dan pelan terjadi jika media rambatnya lebih padat maka bunyi yang terdengar juga makin keras. Sedangkan, jika media rambatnya tidak terlalu padat maka bunyi yang terdengar semakin pelan.

3. Yang memengaruhi tinggi dan rendahnya suatu bunyi adalah getaran, frekuensi.

4. Faktor yang memengaruhi bunyi keras dan pelan adalah amplitudo, energi, jarak bunyi, media rambat, dan cepat rambat bunyi di udara.

5. Ya, kita dapat meredam suara. Suara dapat diredam dengan benda-benda yang dapat menyerap gelombang suara, sehingga gelombang suara tidak merambat dan frekuensinya jadi rendah.

Informasi Tambahan

Salah satu sifat bunyi adalah merambat ke segala arah. Berbeda dengan cahaya yang merambat lurus, bunyi merambat ke segala arah. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa mendengar bunyi walaupun tidak melihat langsung sumber bunyinya. Media padat merupakan penghantar bunyi yang paling baik karena kerapatan partikel yang tersusun pada benda padat. Oleh karena itu, bunyi yang dirambatkan pada media padat akan terdengar lebih keras dan cepat. Adapun udara memiliki kerapatan partikel paling renggang sehingga udara bukan menjadi penghantar bunyi yang paling baik.

Baca Juga :  Tokoh Penting dalam Berdirinya Budi Oetomo

Baca Juga : Jawaban Menjelaskan Skema Cara Mata Melihat

Kesimpulan

Melalui pembahasan soal di atas diharapkan dapat membantu kalian dalam belajar dan memperoleh pemahaman tentang bunyi dan sifatnya.  Selamat belajar !

Disclaimer :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.