Jawaban Soal tentang Mendengar Karena Bunyi

Jawaban Soal tentang Mendengar Karena Bunyi – Halo sobat, dalam artikel ini kita akan membahas soal tentang mendengar karena bunyi. Materi ini terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V Kurikulum Merdeka.  Mari langsung saja kita Simak pembahasan soal berikut ini !

Jawaban Soal tentang Mendengar Karena Bunyi Halaman 29

Topik D: Mendengar Karena Bunyi

Pertanyaan Esensial

1. Mengapa kita bisa mendengar bunyi?

2. Bagaimana cara telinga kita bekerja?

3. Apa bahaya suara yang keras terhadap telinga kita?

Gendang telinga merupakan salah satu bagian dari telinga kita. Bagian ini yang paling berperan dalam proses pendengaran kita. Apa fungsi dari gendang telinga? Bagaimana telinga kita bisa mendengar bunyi? Yuk, kita pelajari proses tersebut bersama!

Jawaban :

1. Kita bisa mendengar bunyi karena bunyi merambat ke telinga melalui udara.

2. Cara telinga kita bekerja : bunyi menggetarkan gendang telinga kita. Getaran ini membuat bagian-bagian telinga lainnya bergerak. Akhirnya, sinyal bunyi diterima saraf pendengaran dan diteruskan ke otak sehingga kita bisa mendengar bunyi.

3. Bahaya suara yang keras terhadap telinga kita dapat membuat telinga kita sakit, bahkan bisa merusak pendengaran dan menyebabkan kehilangan pendengaran atau tuli.

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Bunyi

Informasi Tambahan

Gangguan Pendengaran

1. Telinga luar

Gangguan di bagian ini menghambat suara diteruskan ke telinga dalam. Penderita biasanya kesulitan mendengar suara pelan.

2. Telinga dalam

Gangguan di bagian ini menghambat suara diteruskan ke otak. Penderita akan kesulitan mendengar suara dengan jelas atau tidak sama sekali.

3. Otak

Kerusakan langsung pada syaraf pendengaran. Gangguan ini sulit diatasi karena saraf tidak dapat meneruskan informasi suara ke otak.

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 184 Kata Mutiara untuk Mengungkapkan Cinta Kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya

Kesimpulan

Melalui pembahasan soal di atas diharapkan dapat membantu kalian dalam belajar dan memperoleh pemahaman tentang mendengar karena bunyi.  Selamat belajar !

Disclaimer :

  1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Bunyi dan Sifatnya