Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 123 Tulislah Makna pada Gambar Tersebut Dengan Tema “Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia”

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 123 Tulislah Makna pada Gambar Tersebut Dengan Tema “Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia”.

Aktivitas 5.2

Amatilah gambar-gambar di bawah ini, kemudian tulislah makna yang tersirat pada setiap gambar. Kaitkan makna-makna tersebut dengan tema “Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia”!

jawaban:

1. Gambar 5.1
Pada gambar tersebut merupakan sebuah peta kerajaan Samudera Pasai, kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia.

Kerajaan Samudera Pasai muncul di tahun 1267 M, di wilayah Aceh. Pada saat itu Samudera Pasai menjadi pusat perkembangan agama Islam pertama di Indonesia.

Diketahui aturan-aturan yang ada di kerajaan tersebut sudah menggunakan hukum Islam, yang membuat kerajaan ini seringkali disebut sebagai serambi Mekkah.

Keberhasilan dalam membangun kerajaan Samudera Pasai ini tentu tidak lepas dari tangan para sosok pemimpin mereka, yaitu Sultan Samudera Pasai yang menjunjung tinggi agama Islam.

Sehingga di dalam kehidupan, suri tauladan Sultan Samudera Pasai ini patut ditiru dengan selalu menaati perintah Agama dan selalu mengajak sesama manusia dalam hal kebaikan.

2. Gambar 5.2
Pada gambar kedua, terlihat sebuah pulau jawa yang menggambarkan tentang kerajaan Islam Demak.

Kerajaan Islam Demak pertama kali dipimpin oleh putra dari pemimpin kerajaan Majapahit, yaitu Raden Patah. Raden Patah sendiri memimpin kerajaan Demak selama kurang lebih 18 tahun sejak 1500 M – 1518 M.

Pada masa kepemimpinan Raden Patah, beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang menjunjung tinggi toleransi terhadap Agama lain. Ia juga sering mempersatukan bangsanya agar tidak terpecah belah.

3. Gambar 5.3
Pada gambar tersebut menjelaskan sebuah peta penyebaran kerajaan-kerajaan Islam yang ada di pulau Kalimantan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 68 Contoh Aqidah Ibadah dan Akhlak

Kerajaan Islam di pulau Kalimantan memiliki ciri khas tersendiri dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu dengan cara berniaga.

Di wilayah tersebut terkenal dengan hasil pertambangan. Sehingga para pemimpin kerajaan tersebut menyiarkannya dengan cara berniaga hingga ke pelosok pedalaman Kalimantan.

4. Gambar 5.4
Gambar yang terakhir ini menjelaskan peta kerajaan Sulawesi.

Sama halnya dengan penyebaran agama Islam pada kerajaan Islam di Kalimantan, kerajaan di Sulawesi juga tempat para pedagang yang ada di wilayah Arab, Persia, India hingga China berniaga di wilayah tersebut.

Namun ada beberapa suri tauladan yang bisa diambil adalah dengan menghormati para pemeluk agama lain. Sehingga dalam hal ini toleransi bisa menjadi pedoman dalam hidup.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 123 Tulislah Makna pada Gambar Tersebut Dengan Tema “Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia”. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.