Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 205 Cermati dan Tuliskanlah Pesan Moral dari Gambar

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 205 Cermati dan Tuliskanlah Pesan Moral dari Gambar.

Aktivitas 8.2

Cermatilah gambar-gambar berikut ini! Lalu tuliskanlah kesimpulan kamu apakah pesan moral yang disampaikan dari gambar tersebut? Apakah kalian sudah menerapkan sikap sesuai yang ditunjukkan dalam gambar tersebut? Jelaskan!

Jawaban:

Pesan Moral

1. Gambar 8.1
Pesan yg bisa diambil adalah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa bersikap mampu menahan amarah ketika banyak kejadian² di dalam kehidupan kita yang mampu membuat emosi kita tidak bisa dikendalikan lagi. Karena balasan dari sikap menahan amarah adalah syurga seperti sebuah hadist yg berbunyi sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ

Artinya: “Jangan kamu marah, maka kamu akan masuk Surga.” (HR Ath-Thabrani).

Rasulullah juga berwasiat, Dari Abu Hurairah RA

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

Artinya: “Dari Abu Hurairah RA bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW, “Berilah wasiat kepadaku.” Sabda Nabi SAW: “Janganlah engkau mudah marah.” Maka diulanginya permintaan itu beberapa kali. Sabda beliau, “Janganlah engkau mudah marah.” (HR Bukhari).

2. Gambar 8.2
Pesan yg bisa diambil adalah kita harus memiliki sikap kontrol diri yg baik,maksudnya dalam menanggapi berbagai fenomena di dunia ini kita harus sebisa mungkin untuk tidak terbawa/terpengaruh dgn hal hal yg dapat memprovokasi kita menjadi pribadi yg buruk,untuk itu sangat dibutuhkan sikap kendali diri yg baik dan benar.

3. Gambar 8.3
Pesan yg bisa diambil adalah kita sebagai umat beragama teristimewa muslim,kita harus berani membela kebenaran / Haq .karena di dunia ini sudah sangat jarang orang orang yg mau membela kebenaran,mereka sudah terperdaya oleh sogokan materi yg membuat mereka sudah tidak peduli lagi dgn kebenaran.Tirulah seperti Rasulullah SAW yg berani membela kebenaran ( agama Allah ) walaupun begitu banyak rintangan yg dihadapi nya,maka kita sebagai umat beliau sangat patut untuk mencontoh/meneladani beliau.

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 37 Teladan Mulia Asmaulhusna

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari:

عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

لاَ يَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ ظَاهِرُونَ.

Akan senantiasa ada sekelompok dari umatku yang membela (kebenaran) hingga ketetapan Allah datang kepada mereka dan mereka dalam keadaan menang.

Jadilah pembela kebenaran dan janganlah takut dari siapapun selain Allah, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memberi manfaat maupun mudharat bagi siapapun selain Allah Subhanahu wa ta’ala.

4. Gambar 8.4
Pesan yg bisa diambil adalah berani mengatakan kebenaran walau itu pahit ,dizaman sekarang sangat sulit menemukan orang yg jujur.Rasanya mulut mereka sangat berat untuk mengatakan kebenaran,oleh karena itu sangat dibutuhkan saat ini sikap berani mengatakan kebenaran atau disebut juga as-siddiq.

Bentuk keberanian ini memang bukan hal yang mudah. Namun Nabi SAW telah menjelaskan, bentuk keberanian ini menghadapi penguasan zalim adalah jihad paling utama. Berikut haditsnya,

أَفْضَلُ الْجِهَادِ كَلِمَةُ عَدْلٍ عِنْدَ سُلْطَانٍ جَائِرٍ

Artinya: “Jihad yang paling utama ialah mengatakan kebenaran (berkata yang baik) di hadapan penguasa yang zalim.” (HR Abu Daud).

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 205 Cermati dan Tuliskanlah Pesan Moral dari Gambar. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.