Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 239 Tulislah Makna Yang Tersirat Pada Gambar “Menerapkan Al-kulliyatu Al-khamsah Dalam Kehidupan Sehari-hari”

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 239 Tulislah Makna Yang Tersirat Pada Gambar “Menerapkan Al-kulliyatu Al-khamsah Dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Aktivitas 9.2

Amatilah gambar-gambar di bawah ini, kemudian tulislah makna yang tersirat pada setiap gambar. Kaitkan makna-makna tersebut dengan tema “menerapkan al-kulliyatu al-khamsah dalam kehidupan sehari-hari”!

jawaban:

Gambar 9.1
Mengandung pesan bahwa minuman keras dapat merusak akal manusia, sehingga dilarang oleh agama

Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa meminum khamar di dunia kemudian dia tidak bertaubat, maka ia tidak akan mendapatkan minuman tersebut di akhirat,” (HR Sayyidah Aisyah).

Dalam hadits lain disebutkan Rasulullah SAW pernah ditanya tentang bit, yaitu arak yang terbuat dari madu yang biasa diminum oleh orang-orang Yaman. Rasulullah SAW kemudian bersabda, ‘Setiap minuman yang memabukkan adalah haram,”.

Gambar 9.2
Mengandung pesan bahwa pergaulan bebas dapat merusak keturunan.

Allah berfirman dalam Surat Al-Isra Ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Arab-Latin: Wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāḥisyah, wa sā`a sabīlā

Artinya: Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 32
Dan janganlah kamu mendekati zina dengan melakukan perbuatan yang dapat merangsang atau menjerumuskan kepada perbuatan zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, yang mendatangkan penyakit dan merusak keturunan, dan suatu jalan yang buruk yang menyebabkan pelakunya disiksa dalam neraka. Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah membunuhnya, kecuali dengan suatu alasan yang benar, misalnya atas dasar menjatuhkan hukum qisas. Dan barang siapa dibunuh secara zalim, bukan karena sebab yang bersifat syariat, maka sesungguhnya kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, untuk menuntut kisas atau meminta ganti rugi kepada pembunuhnya, atau memaafkannya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh, yakni dalam menuntut membunuh apalagi melakukan pembunuhan dengan main hakim sendiri. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan dari sisi Allah dengan ketetapan hukum-Nya yang adil.

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 9 Wawasan Keislaman Tafsir Q.S. Al-Maidah/5:48

Gambar 9.3
Mengandung pesan bahwa Islam melarang pencurian dapat merampas harta benda milik orang lain.

Allah berfirman dalam QS. Al Baqarah: 188,

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui” (QS. Al Baqarah: 188).

Gambar 9.4
Mengandung pesan bahwa korupsi merupakan dosa besar, meskipun uang hasil korupsi disedekahkan namun tidak dapat menghapus dosa korupsi.

Allah berfirman dalam Surat An-Nisa ayat 29

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

Arab Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ lā ta`kulū amwālakum bainakum bil-bāṭili

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan harta sesamamu dengan cara yang batil (tidak benar),

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 239 Tulislah Makna Yang Tersirat Pada Gambar “Menerapkan Al-kulliyatu Al-khamsah Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.