Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 240 Nilai Keteladanan Dalam Kisah Wabah Penyakit

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 240 Nilai Keteladanan Dalam Kisah Wabah Penyakit.

Aktivitas 9.3

Baca dan cermatilah artikel di bawah ini, kemudian tulislah nilai-nilai keteladanan yang dapat diambil dari artikel tersebut!

Wabah Penyakit

Suatu ketika Umar bin Khattab berniat melakukan kunjungan ke Syam (Suriah). Di tengah perjalanan, Umar bin Khattab mendengar kabar bahwa Syam sedang terkena wabah penyakit hingga kepanikan melanda negeri itu. Mengetahui kabar ini, Khalifah Umar bin Khattab meminta pendapat sahabat lainnya, apakah perjalanan tetap dilanjutkan atau menunda perjalanan itu.

Sebagian sahabat berpendapat untuk tetap melanjutkan rencana perjalanan tersebut demi melaksanakan perintah Allah. Sedangkan sahabat lainnya menyarankan untuk membatalkan perjalanan tersebut. Salah seorang sahabat berkata, jika Umar membatalkan perjalanan, maka ia termasuk lari dari takdir Allah. Kemudian Umar bin Khattab mengatakan, ia dan pasukannya lari dari takdir Allah yang buruk menuju takdir yang baik.

Pendapat Umar bin Khattab tersebut didukung oleh Abdurrahman bin Auf. Ia meyakinkan Umar bin Khattab untuk membatalkan perjalanan tersebut dengan dasar hadis nabi: “apakah kalian mendengar wabah tha’un melanda suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Adapun apabila penyakit itu melanda suatu negeri sedang kalian di dalamnya, maka janganlah kalian lari keluar dari negeri itu.” (H.R. Bukhari dan Muslim). Akhirnya Umar bin Khattab membatalkan perjalanan tersebut demi menghindari wabah penyakit.

Jawaban:

Nilai keteladanan dalam kisah tersebut,
a. Bahwa sosok pemimpin yang arif, tegas, dan bersikap bijak dalam mengambil keputusan.

b. Seorang pemimpin harus mampu tampil sebagai teladan dalam menjalan ajaran Islam, terutama dalam menerapkan al-kulliyatu al-khamsah.

Al-Kulliyatu al-Khamsah dalam Kehidupan Sehari-hari, meliputi menjaga Agama (hifzhu al-din), menjaga jiwa (hifzhu al-nafs), menjaga akal (hifzhu al-‘aql), menjaga keturunan (hifzhu al-nasl), dan menjaga harta (hifzhu al-mal).

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 156 Mari Memahami Perkakas

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 240 Nilai Keteladanan Dalam Kisah Wabah Penyakit. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.