Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 265 Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan Tartil dan Perhatikan Makhraj dan Hukum Bacaannya

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 265 Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan Tartil dan Perhatikan Makhraj dan Hukum Bacaannya.

Aktivitas 10.1

Sebelum memulai pelajaran, marilah kita tadarus Al-Qur`an terlebih dahulu!

1. Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 berikut ini secara bersama-sama dengan tartil!

2. Perhatikan makhraj dan hukum bacaannya!

Jawaban:

1. Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan tartil
Ali bin Abi Thalib dalam Syarh Mandhumah al Jazariyah, tartil adalah mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat berhentinya. Lalu, menurut Abu Ishaq dalam Lisan al Arab, tartil adalah membaca dengan jelas. Hal ini tidak bisa dilakukan jika membaca terburu-buru. Membaca Al Qur’an dengan jelas hanya bisa jika menyebut semua huruf, dan memenuhi cara pembacaan huruf dengan benar.

Membaca dengan tartil ternyata juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu, dalam ayat Al Qur’an sendiri membaca dengan tartil juga dianjurkan oleh Allah. Dalam Al Qur’an surat al Muzammil: 4 berbunyi, “Dan bacalah Al Qur’an itu dengan tartil.”

Inti dari membaca dengan tartil adalah membaca dengan pelan-pelan, jelas setiap hurufnya, tanpa berlebihan, demikian dikutip dari Kitab al Adab as Syalhub.

Surat An-Nahl Ayat 25

لِيَحْمِلُوٓا۟ أَوْزَارَهُمْ كَامِلَةً يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۙ وَمِنْ أَوْزَارِ ٱلَّذِينَ يُضِلُّونَهُم بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ أَلَا سَآءَ مَا يَزِرُونَ

Baca Juga :  Jawaban Evaluasi halaman 140 141 142 dan 143 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Arab-Latin: Liyaḥmilū auzārahum kāmilatay yaumal-qiyāmati wa min auzārillażīna yuḍillụnahum bigairi ‘ilm, alā sā`a mā yazirụn

Artinya: (ucapan mereka) menyebabkan mereka memikul dosa-dosanya dengan sepenuh-penuhnya pada hari kiamat, dan sebahagian dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan). Ingatlah, amat buruklah dosa yang mereka pikul itu.

2. Perhatikan Makhraj dan Hukum Bacaan
Makhorijul huruf adalah merupakan tepat keluarnya huruf dalam melafalkan huruf al-Qur’an. Pengertian makhraj dari segi bahasa adalah tempat keluar. Sedangkan dari segi istilah makhraj diartikan tempat keluarnya huruf. Mengetahui tempat keluarnya huruf-huruf hijaiyyah adalah sangat penting karena hal ini menjadi dasar dalam melafadkan huruf hijaiyyah secara benar.

Pengertian di atas dapat dipahami bahwa makhraj merupakan tempat keluarnya huruf-huruf yang sudah ditentukan yaitu uruf hijaiyyah, dimana dalam membaca al-Qur’an makhorijul Qur’an harus diketahui dan benar-benar dipahami dalam rangka untuk menciptakan bacaan al-Qur’an yang baik dan benar.

Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 25

Keterangan:
1,2 dan 4 Hukum bacaan Ikhfa, Ikhfa Syafawi, Mad Jaiz Munfasil dan Mad Silah Tawilah

3 Hukum Bacaan Idgham Bigunnah, Mad Lazim, Idgham Mimi+ Gunnah, Mad Farq

5 Hukum Bacaan Iqlab dan Mad wajib Muntasil

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 265 Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan Tartil dan Perhatikan Makhraj dan Hukum Bacaannya. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.