Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 88 Hikmah Yang Bisa Dipetik Dari Kisah Pak Samshu Penjual Gorengan

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 88 Hikmah Yang Bisa Dipetik Dari Kisah Pak Samshu Penjual Gorengan.

Aktivitas 4.3

1. Bacalah dengan cermat dan teliti kisah inspiratif berikut ini!

Pak Samhu (49 tahun) adalah seorang pelaku usaha kecil yaitu penjual gorengan. Ia adalah seorang anggota sebuah koperasi syariah di wilayah Serpong, Banten, Jawa Barat. Sehari-hari ia berjualan di sekitar area kampung Curug, Kelurahan Serpong, Tangerang Selatan.

Selain berprofesi sebagai seorang penjual gorengan, ternyata di kampungnya, pak Samhu dikenal sebagai seorang qari’ yaitu orang yang pandai membaca ayat-ayat Al-Qur`an dengan suara, nada dan lagu yang sangat indah. Ia sering diminta untuk menjadi qari’ pada peringatan hari-hari besar Islam, seperti perayaan Maulid Nabi, peringatan Isra’ Mi’raj dan pengajian akbar di kampungnya. Bahkan pada kajian rutin yang diadakan oleh koperasi syariah di mana ia menjadi salah satu anggotanya pun, ia diminta untuk membaca ayat suci Al-Qur`an pada sebagai acara pembuka.

Namun sayang, kisah kehidupan pak Samhu, tidak seindah suaranya. Ia pernah terjerat hutang riba kepada rentenir ketika ia merintis usaha berjualan gorengannya. Seiring berjalannya waktu, hutang itu bukan semakin berkurang namun semakin bertambah apalagi jika ia terlambat membayar cicilannya. “Saya kapok meminjam uang ke rentenir lagi, sangat berbahaya dan tidak berkah sama sekali” kata pak Samhu.

Akhirnya pak Samhu bergabung dengan salah satu koperasi syariah pada sebuah program pinjaman modal tanpa riba pada tahun 2014 untuk mengembangkan usaha berjualan gorengannya. Selain itu para anggota koperasi syariah ini rutin mengadakan kajian dan mendapatkan ilmu baru tentang larangan praktik riba dalam transaksi keuangan. “Alhamdulillah, saya bersyukur dapat bergabung dengan koperasi syariah ini, semoga semakin berkah dan maju untuk seluruh anggota” pungkas pak Samhu.

(Dikutip dari Republika.co.id / Selasa, 19 April 2016)

2. Lalu simpulkan dan tuliskan di buku kalian, hikmah apakah yang bisa kita petik dari kisah tersebut! Kaitkanlah hikmah dari kisah tersebut dengan pengalaman hidup yang mirip dengan orang-orang di sekitar tempat tinggal kalian!

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 4 halaman 168 dan 169 Pelaku Ekonomi IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Hikmah yang dapat diambil dari kisah tersebut adalah membuat kita sadar untuk mengjauhi perilaku riba karena dapat membuat kehidupan menjadi susah atau sengsara. Kisah dari cerita tersebut juga dialami oleh beberapa orang yang ada di sekitar tempat tinggal saya. Oleh karena itu kita harus giat dalam menjauhkan diri segala bentuk perilaku riya.

Pembahasan
Riba merupakan salah satu praktik ekonomi yang sangat dilarang dalam islam. Riba dapat memberikan dampak buruk dalam kehidupan sehari-hari baik itu bagi pelakuknya atau bagi orang yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu dalam islam hukum dari riba adalah haram.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 88 Hikmah Yang Bisa Dipetik Dari Kisah Pak Samshu Penjual Gorengan. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.