Merawat Motor 2 Tak, Gampang Dan Hemat Biaya

masbejo.comMerawat Motor 2 Tak, Gampang dan Hemat Biaya – Mayoritas kendaraan saat ini didasarkan pada mesin empat langkah. Maka tak heran jika banyak orang saat ini yang belum begitu memahami perbedaan mesin dua tak dan empat tak.

Yang perlu diketahui hanyalah mesin dua langkah berisik dan mengeluarkan suara yang keras, mesin empat langkah tidak mengeluarkan suara, dan suaranya tidak sekeras mesin dua langkah.

Jenis motor tipe mesin dua langkah terkenal mempunyai kecepatan & tenaganya luar biasa. Contohnya RX King, RX Z, Suzuki Satria 120, Suzuki RGR 150, Honda NSR150, Fi1Zr, Ninja dan motor tipe dua langkah lainnya. saat ini populasi sepeda motor 2 tak mengalami sedikit penurunan.

Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena jenis motor tipe dua langkah sedikit tidak ramah lingkungan karena mengeluarkan asap dari knalpot. Diketahui, jenis motor tipe dua langkah menggunakan bahan bakar yang bercampur oli samping yang mengakibatkan munculnya asap di pipa knalpot.

Diperlukan perhatian dan ketrampilan untuk merawat jenis motor dua langkah jenis ini. Faktanya, langkah untuk merawat kendaraan tidak serumit serta mahal seperti kebanyakan omongan orang. Perawatan serta servis rutin tentu sangat diharapkan.

Untuk pengendara motor yang ingin sepeda motornya awet dan selalu pada kondisi prima, terdapat beberapa langkah yang bisa kalian coba dan lakukan sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, Anda pula tak perlu terlalu seringkali mengunjungi bengkel.

Baca Juga :  7 Tahap Mudah Membuat Soal atau Quiz Online Langsung Nempel di Blogspot - Dengan quizbox

Bagi penggemar serta hobinya tentu hal ini bukan menjadi masalah besar . Konsumsi bahan bakar yang relatif boros dan tambahan biaya pembelian oli sampingan bukan alasan buat merasakan nikmatnya percepatan ketika berkendara.

Berikut ini kami akan menyampaikan tips cara merawat sepeda motor 2 tak supaya awet an tidak cepat rusak karena termakan usia.

10 tips merawat motor dua tak, gampang dan hemat biaya

merawat motor 2 tak

1. . Karburator

Utamakan kebersihan pada bagian dalam karburator. Bersihkan part yang ada didalam karburator dari kotoran/endapan yang berasal dari dalam tengki bensin yang masuk ke karbu. Usahakan memakai saringan bensin pada selang yang menghubungkan aliran bahan bakar dari tengki motor ke karburator. Pastikan juga tidak ada lubang yang tersumbat oleh kotoran, karena jika ada yang tersumbat akan menyebabkan saluran suplai bensin jadi terganggu.

2. Oli samping

Sebelum menggunakan motor, cek ketinggian oli samping pada botol oli samping. Jangan sampai telat untuk mengisi oli samping. Sesuaikan setelan oli samping, agar tak terlalu irit dan tidak terlalu boros. Terlalu hemat akan menyebabkan overheating, banyak pemborosan, mesin jadi brebet dan timbul asap yang berlebiha pada knalpot.

Pastikan memlih oli samping dengan kualitas yang bagus. Dengan menggunakan oli sampng yang bagus akan membuat performa motor lebih optimal. Tentang oli samping sepeda motor 2 tak mampu dikatakan wajib serta mutlak dibutuhkan.

3. head

Lakukan pembersihan di komponen ini. Pastikan selalu dalam keadaan bersih. Bebas dari kerak akibat proses pembakaran yang terjadi di head. Pemakaian motor dalam waktu yang lama pasti akan membuat menumpuknya kerak yang menempel pada kubah head. Kerak yang menumpuk ini jika tidak di bersihkan akan mempengaruhi proses pembakaran dan mempengaruhi kinerja motor.

Baca Juga :  Cara Mengecilkan File PDF dengan Mudah, Mau Tahu?

4. Radiator

Ada juga motor dua langkah yang memakai water cooler, contohnya Ninja Series. Pengaruh water cooler terhadap performa motor sangat penting. Cek volume air yang ada pada radiator. Pastikan ketinggian air pendingin tidak kurang dan tidak lebih. Jangan telat mengisi air radiator, agar tidak terjadi overheat.

5. Aki

Periksa ketinggian air di baterai. Pastikan tidak terdapat kekurangan atau kelebihan air aki, agar aki dapat bekerja dengan normal. Khususnya yang sudah memakai sistem kelistrikan DC. Jika kutub + dan – pada aki mulai muncul korosi (serbuk putih) segera bersihkan.

6. Kabel koil dan busi

Periksa kondisi kabel koil. Bila kabel koilnya retak, segera ganti dengan yang baru. jangan lupa pula buat mengecek busi, pastikan busi masih berfungsi . Segera ganti busi Jika sudah mau mati.

7. Cek filter udara

Cek secara berkala. Bersihkan busa filter udara dari kotoran yang menempel. Jika kondisi bsa dalam keadaan kotor di takutkan kotoran ini bisa tersedot masuk ke ruang bakar sehingga mampu mempengaruhi kinerja mesin dan mesin tidak bisa bekerja secara optimal.

8. Cek kondisi oli mesin

Pada sepeda motor 2 tak, jangka waktu penggantian oli mesin lebih lama dari pada motor 4 tak. Jika oli sudah berwarna kehitam-hitaman dan jumlah oli sudah berkurang sampai batas yang telah di tetapkan, segera ganti dengan oli yang baru.

9. Gunakan suku cadang asli

Sekarang ini banyak sekali produk mitasi atau kw di toko-toko. Disarankan untuk menggunakan suku cadang asli. Karena kualitas aslinya sudah teruji. Lebih baik sedikit lebih mahal dan tahan lama daripada menggunakan suku cadang non-asli, yang meskipun murah, kualitas dan daya tahannya lebih rendah.

Baca Juga :  Tips Mempromosikan Bisnis Menjelang Lebaran Idul Fitri 2022

10. Panaskan mesin

Sebelum memakai motor, usahakan menghidupkan motor terlebih dahulu sekitar 1-2 menit. Hal ini bertujuan agar oli samping bisa melumasi seluruh komponen yang berada di dalam mesin dan blok head.

Demikianlah 10 tips cara merawat motor 2 tak kesayangan kita. Semoga bisa menambah wawasan kalian dalam merawat motor kesayangan kalian. Demi kenyamanan dan keamanan kalian saat berkendara, rawatlah motor kesayangan kalian dengan baik dan benar.