Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 49 Pengalamanmu Bergaul dengan orang lain: Teman Tetangga atau Kenalan Yang Berbeda Agama

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 49 Pengalamanmu Bergaul dengan orang lain: Teman Tetangga atau Kenalan Yang Berbeda Agama.

Aktivitasku

Tulislah pengalamanmu bergaul dengan orang lain: teman, tetangga atau kenalan yang berbeda agama.

Tulislah dengan gaya bertutur!

Tulisan akan dikumpulkan menjadi buku karya peserta didik kelas IV.

Jawaban:

Bergaul dengan Teman Berbeda Agama
Saat kuliah, salah satu teman dekat saya beragama kristen. Sampai sekarang masih berteman dan telepon sekali-kali meskipun sudah sangat jarang ketemu. Setidaknya sebulan sekali saya main ke rumahnya sekedar untuk mengerjakan tugas bareng atau menguji softare di komputernya.

Sebagai muslim tentunya saya harus sholat wajib, dan saat mau sholat dia selalu mempersilahkan saya sholat di kamarnya dan meminjamkan sejadah. Awalnya saya agak aneh, ngapain orang kristen kok nyimpen sejadah? lalu dia menjelaskan Ibunya memang sengaja membeli dan menyimpan sejadah karena ada saudaranya yang muslim dan kalau main ke rumah biasa numpang sholat. Jadi memang sudah biasa kalau tamu numpang sholat di rumahnya.

Setelah lulus dan beranjak dewasa, saya juga baru tau kalau dia itu double minority, tidak hanya kristen tapi juga keturnan tionghoa. Mungkin karena teralu akrab (dan bagi saya tidak kelihatan tionghoanya) saya tidak pernah menyadari ataupun menanyakan hal itu, meskipun berapa kali saya mendengar ada teman yang menyinggung hal tersebut (kalau dia keturunan chinese) namun saya memang tidak pernah memperhatikannya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 156 Buatlah Pertanyaan Sesuai Bacaan

Yang membuat saya tau dia keturunan chinese adalah dia kerap gonta-ganti pacar tapi tidak ada yang dinikahi, sementara saya dengan mulus menikahi pacar pertama (sekaligus terakhir) saya. Saat saya tanyakan dia dengan lempeng menjelaskan bahwa dalam keluarga chinese, memilih jodoh itu tidak mudah bagi laki-laki dan harus disetujui tidak hanya mama-nya tapi juga neneknya. Ini yang bikin dia mentok pas mau kawin. Entah hal ini berlaku di keluarga chinese secara umum atau cuma di keluarga dia saja.

Terakhir ngobrol dengan dia, dia cerita kalau penampilannya sekarang sama sekali tidak mencerminkan orang chinese, dengan jenggot dan kumis serta lebih banyak bekerja dengan lembaga pemerintah, dia mengklaim lebih kelihatan “pribumi” dibanding penampilannya dulu saat bekerja di private sector.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 49 Pengalamanmu Bergaul dengan orang lain: Teman Tetangga atau Kenalan Yang Berbeda Agama. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat.