Membran RX King Bocor Ini Solusinya

masbejo.comMembran RX King bocor ini solusinya. Apakah kalian tahu membran pada kendaraan RX King ? part ini punya peran penting dalam proses pembakaran dengan menyalurkan bahan bakar & oli samping. Menyetel membran secara benar mampu meningkatkan laju kendaraan.

Semakin terbuka lidah membranya akan menghasilkan suplai bensin & oli samping jadi lebih dari cukup, sehingga energi yang didapatkan bisa lebih maksimal. Jikalau lidah membran sompel, gantilah menggunakan suku cadang original, bekas copotan motor juga tidak jadi masalah asalkan kondisinya masih bagus.

Sebenarnya cara menyetel membran tidaklah sulit, kita tinggal menyesuaikan lebar bukaan stoper dan lidah membran, stel lebar bukaan sesuai ukuran standarnya atau lebih lebar sedikt supaya suplai untuk proses pembakaran lebih banyak dari standarnya.

Membran RX King Bocor, Ini Penyelesaiannya

Pernahkah kalian mendapati trobel kebocoran membran RX King? Trobel seperti ini sudah umum untuk kendaraan dua stroke, sebab kendaraan ini termasuk sudah tua. Kalau trobel seperti ini, efeknya kendaraan tidak bisa beroperasi maksimal. Akibatnya kendaraan menjadi kurang bertenaga karena ngempos.

Apa yang menjadi penyebab membran bocor? Cara seperti apa yang harus di lakukan jika terjadi trobel seperti ini? Kami akan membahas masalah ini secara detail pada artikel ini.

Namun sebelumnya, yuk kenali kenali dulu kendaraan RX King. Tentunya kalian telah mengetahuinya, namun tak ada ruginya untuk lebih mempelajari tentang kendaraan sejuta cerita besutan Yamaha ini yang memiliki tak sedikit peminat di Indonesia.

Yamaha RX King, menggunakan mesin dua stroke dengan kapasitas 135 cc. Kendaraan ini mendapat julukan motor jambret. Pasalnya mempunyai kecepatan dan tenaga yang sangat besar. Bisa di bilang kendaraan ini tercepat pada masanya. Jadi wajar jika motor ini sering digunakan oleh para penjahat di jalan.

Baca Juga :  Cara Membuat Donat

Dibalik sisi gelapnya, RX King sekarang jadi kendaraan yang banyak peminatnya. Tak main-main, nilai jual kendaraan ini sekarang meroket. Nilia jual RX King sekarang mampu menembus puluhan hingga ratusan juta kalau masih dalam kondisi original. Tak heran jika dianggap sebagai motor Sultan.

Berbicara mengenai motor RX King, ada salah satu komponen pada motor RX King yang tidak jarang mengalami masalah. Komponen ini di sebut dengan membran. Memang keluhan dari motor dua tak kebanyakan terjadi kebocoran pada membran.

Membran mempunyai fungsi meneruskan bahan bakan yang sudah tercampur oli samping menuju ruang bakar. Semakin lebar bukaan lidah membran maka semakin banyak juga suplai bahan bakar yang sudah tercampur dengan oli samping yang akan masuk ke ruang bakar, dengan begitu akan menghasilkan tenaga yang besar dan kuat.

Akan tetapi kalau membran dalam keadaan bocor, justru mengakibatkan kendaraan jadi tidak bertenaga atau loyo. Selain iu, kendaraan menjadi lebih boros, susah di hidupkan, setelan Stasioner susah langsam.

Faktor Terjadinya Kebocoran Membran

Antara lain usia komponen, batas ketahanannya. Jika tidak di rawat dengan tepat, mudah trobel. Selain sudah tua, faktor kebocoran membran karena setelan membran tidak rata sehingga mengakibatkan ketidakakuratan setelan.
Saat melakukan penyetelan terkadang kurang presisi sehingga menimbulkan celah yang dapat menimbulkan masalah pada sepeda motor.

Kalau terjadi hal seperti ini harus direset. Penyebab lainnya mungkin adalah lidah membran pecah dan sompel.
Untuk trobel ini, kita sarankan untuk segera menggantinya. Gantilah baru dan full set asli. Ketika terpikir untuk menggunakan produk palsu, akhirnya motor kalian jadi sering trobel.

Peran Membran RX-King

Membran mempunyai nama resmi Reed Valve. Berbeda dengan katup pada mesin empat langkah, katup ini tidak perlu bersifat mekanis dan mengandalkan putaran mesin seperti katup empat langkah. Pada dasarnya sangat berbeda dengan katup empat langkah.

Baca Juga :  Certificate dan SSL Connection Error Google Chrome Berikut Cara Mengatasinya

Membran atau katup buluh hanya terdapat pada mesin pembakaran dua langkah, dan pada dasarnya berfungsi sebagai pintu untuk mengalirkan bahan bakar dan udara yang sebelumnya telah tercampur di dalam karburator.
Membran atau batang katup ini juga dapat berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah terjadinya “zapping” atau pembakaran bahan bakar di luar silinder, terutama di dalam karburator.

Katup membran atau buluh umumnya tidak memerlukan perangkat elektronik atau mekanisme lain, mereka sepenuhnya mengandalkan vakum untuk pergerakan piston. Reed valve ini juga dapat diatur untuk membuka katup pada saat piston melakukan langkah hisap.

Sederhananya, jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam silinder juga bisa diatur melalui reed valve ini. Cara mengaturnya adalah dengan mengatur sudut bukaan katup dan mengatur “kekerasan” pembukaan katup tersebut.
Dari uraian di atas, peran membran sangat penting pada sepeda motor dua tak, termasuk RX King. Ketika terjadi masalah pada komponen ini, kinerja pembakaran di ruang bakar menjadi tidak maksimal lagi.

Jadi ini elemen yang sangat penting, sehingga jika ada masalah atau kebocoran misalnya pembakaran di ruang bakar tidak akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Jika membran RX King bocor, pasokan bahan bakar ke ruang bakar akan berkurang sehingga pengguna sepeda motor merasa seperti terbatuk-batuk atau bersiul.

Perawatan Membran RX-King

Sekali lagi, kita mengingatkan pemilik sepeda motor untuk memperhatikan komponen membran atau bilah katup RX-King. Caranya adalah dengan melakukan perawatan menyeluruh pada sepeda motor, tidak hanya satu bagian saja saat diservis di bengkel.

Misalnya pergi ke bengkel untuk servis, minta dicek semua komponennya. Jangan menggunakan satu bagian saja, misalnya karburator atau kopling saja. Tapi minta dicek semua komponennya agar bisa diservis sekaligus. Maka jangan menunda-nunda saat melakukan perawatan rutin. Usahakan rutin dan tepat waktu.

Baca Juga :  Memperbaiki Layout Wordpress Mengecil

Perawatan maksimal sebaiknya pada saat jarak tempuh 4000 km atau sekitar 4 bulan. Jika sepeda motor sering di gunakan setiap hari, semakin cepat servisnya semakin baik. Yang penting perawatannya, cek rutin. Jangan sampai ada masalah di jalan, bikin repot sendiri. Iya lho, saat ini tidak semua bengkel menyediakan komponen ini, jadi lebih baik dicoba saja.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang membran rx king dan solusi saat ada trobel pada membran motor kalian. Saran di atas berdasarkan pengalaman pribadi kami yang bisa kami sarankan untuk kalian para pecinta motor dua stroke. Semoga bisa bermanfaat dan membantu.